Health

Bila meradang, usus buntu harus dikeluarkan sebelum pecah dan menyebarkan bakteri ke dalam perut.
Posted on Jan 29, 2020   |   Branding
Si Kecil Usus Buntu?

Usus buntu, yakni bagian kecil organ yang melekat pada usus, masih tetap menjadi misteri walaupun diketahui organ ini berisi sel yang bisa memerangi infeksi.

Bila meradang, usus buntu harus dikeluarkan sebelum pecah dan menyebarkan bakteri ke dalam perut. Gejala peradangan usus buntu pada orang dewasa mudah dikenali. Sayangnya tidak demikian pada anak-anak. Jika anak Anda mengalami sakit perut yang tidak seperti biasanya, atau jika dia mengalami demam, segera hubungi dokter.

Anda perlu mewaspadai rasa nyeri yang dimulai di sekitar pusar dan bergerak ke bagian kanan yang lebih rendah, disertai dengan muntah-muntah (terutama jika muntahannya berwarna kehijauan) dan diare. Jika Anda ragu, lakukan tes sederhana ini: Tekan-tekan bagian perut Si Kecil yang sakit, lalu cepat lepaskan tangan Anda. Jika rasa nyerinya lebih parah saat Anda mengangkat tangan, mungkin Si Kecil mengalami peradangan usus buntu. Atau mintalah dia meloncat-loncat untuk mencari tahu apakah dia merasa sakit atau tidak. (red)