Health

Jenis-jenis makanan ini mampu mengobati masalah gangguan tidur. Apa saja?
Posted on Mar 22, 2020   |   Branding
Tidur Nyenyak dengan 11 Jenis Makanan

Tidur nyenyak dibutuhkan tubuh untuk memulihkan kembali tenaga setelah diforsir pada siang hari. Tapi bagaimana jika  kita mengalami gangguan tidur? Obati dengan sebelas jenis makanan berikut ini.


1. Buah ceri

Baik ceri segar maupun ceri kering merupakan sumber alami melatonin yang tinggi, yaitu senyawa kimia yang mengontrol jam internal tubuh untuk mengatur tidur. Para peneliti menyarankan mengosumsi ceri satu jam sebelum tidur.

2. Pisang

Buah ini merupakan sumber kalium dan magnesium, zat alami yang membuat otot-­otot tubuh menjadi rileks. Pisang juga mengandung asam amino L­tryptophan, yang akan dikonversi otak menjadi 5­HTP. Kemudian 5HTP akan diubah menjadi serotonin (hormon pemberi rasa nyaman) dan melatonin.

3. Kiwi

Magnesium, kalsium dan vitamin C banyak terdapat dalam buah kiwi. Zat­z-at tersebut mampu menstabilkan emosi dan menghambat aktivitas saraf simpatik. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang sebesar 40%.

4. Mulberry

Buah ini dapat digunakan untuk menyembuhkan insomnia.Mulberry juga dapat membantu energi vital dan mengurangi cairan yang berlebihan.

5. Roti Panggang

Kaya karbohidrat  sehingga memicu produksi insulin, yang menginduksi tidur dengan mempercepat pelepasan tryptophan dan serotonin, bahan kimia otak yang bisa membuat kita menjadi rileks.

6. Susu Hangat

Susu mengandung asam amino L­tryptophan dan kalsium yang membuat tidur kita menjadi nyenyak.

7. Oatmeal

Semangkuk oatmeal memicu kenaikan gula darah, yang pada gilirannya memicu produksi insulin dan melepas zat kimia otak yang membuat tubuh menjadi santai. Oatmeal juga kaya melatonin.

8. Teh

Teh memiliki efek penenang yang dapat menurunkan stress. Pilih teh chamomile, konsumsi sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

9. Pretzel

Pretzel  adalah makanan rendah kalori dan rendah lemak, tapi juga merupakan sumber karbohidrat yang bisa mengundang kantuk.

10. Almond

Mengandung tryptophan dan magnesium yang membuat otot tubuh menjadi rileks.

11. Kalkun

Sama seperti almond, daging kalkun mengandung tryptophan, bahkan lebih banyak lagi. Konsumsi daging kalkun dengan setangkup roti membuat tidur kita lebih nyenyak. (red)