Tips & Tricks

Peralatan untuk bayi duduk bisa menjadi alat bantu yang meringankan tugas ibu
Posted on Sep 21, 2016   |   Branding
Bahaya Tidur di Bouncer?

Peralatan untuk bayi duduk bisa menjadi alat bantu yang meringankan tugas ibu. Namun bila digunakan tanpa pengawasan, justru jadi ancaman. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics menunjukkan, bayi yang dibiarkan tidur pada bouncer, kursi mobil, ayunan berisiko tercekik dan sesak napas.

Para peneliti di Penn State Milton S Hershey Medical Center mencatat 47 kasus kematian bayi yang berhubungan dengan posisi duduk atau yang menggunakan peralatan khusus bayi tersebut. Kasus yang dilaporkan ke Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat ini kebanyakan terjadi pada anak-anak usia di bawah dua tahun.

Sebanyak 52% bayi tercekik sabuk pengaman mobil. Kasus lainnya terjadi di ayunan dan kereta bayi. Saat diletakkan di peralatan tersebut, walau dalam keadaan tertidur, bayi bisa bergerak ke posisi yang justru membahayakan jalan napas. Sabuk pengaman atau tali pengaman pada kursi mobil, bouncer, kereta bayi, hingga ayunan tadi malah menjadi tali penjerat yang berisiko membuat bayi sesak napas. Dokter Erich Batra yang memimpin penelitian ini memperingatkan orangtua maupun pengasuh untuk tidak meninggalkan bayi tanpa pengawasan, tidak meninggalkan bayi duduk di kursi mobil dengan sabuk pengaman, atau meletakkan lebih dari satu bayi dalam satu ayunan.  (FD)