Health

Bagi wanita melahirkan merupakan tugas yang mulia dan berat untuk dijalani
Posted on Jul 28, 2016   |   Branding
Normal Atau Caesar?

Kodrat wanita yang tidak bisa ditolak adalah melahirkan. Bagi wanita melahirkan merupakan tugas yang mulia dan berat untuk dijalani. Banyak wanita yang ketakutan bila masa ini tiba dan mereka harus menghadapinya. Namun seiring perkembangan teknologi ada cara melahirkan yang dianggap “lebih mudah” dan tidak perlu susah payah dalam menjalaninya.

Beberapa teknik melahirkan itu seperti hpnobirthing, waterbirth, orgasmic birth, dan operasi caesar. Dalam hal ini kita hanya akan membahas 2 metode normal dan caesar saja. Untuk diketahui dulu operasi caesar hanya digunakan untuk menyelamatkan bayi ketika ibu hamil sudah meninggal dunia.  Namun sekarang operasi caesar bisa dilakukan pada ibu yang masih hidup, sehingga dengan demikian kemajuan teknologi ini dapat membantu proses persalinan bagi yang mempunyai kasus persalinan bermasalah seperti kondisi panggul sempit, bayi terlalu besar, letak bayi sungsang dan sebagainya. Memilih melahirkan secara caesar bukan tidak beresiko.

Biasanya para orangtua sekarang bisa menentukan tanggal lahir bayi mereka. Namun bila tidak tepat atau belum waktunya, tentunya akan mengakibatkan bayi tersebut lahir prematur. Selain itu melahirkan caesar memang tidak merusak organ intim wanita, karena memang bayi keluar melalui perut. Tapi ingat bekas sayatan dan jahitan akan membekas pada perut. Selanjutnya melahirkan secara caesar tidak sakit. Sebetulnya anggapan ini salah kaprah. Memang betul saat melahirkan tentunya ibu dibius, namun setelah efek bius hilang, ibu tetap akan merasakan sakit pada luka sayatan. Bahkan sakit ini bisa berkepanjangan hingga memerlukan rawat inap beberapa hari. Sedangkan untuk yang normal memang perlu tenaga dan pengorbanan seorang ibu untuk berjuang melahirkan anaknya. Namun dari keduanya terserah anda, karena melahirkan itu bukan metodenya yang penting, tapi kesiapan kita mendidik anak-anak kita menjadi anak yeng berguna kelak. (DL)