Health

Keinginan untuk memiliki buah hati, umumnya adalah dambaan dari pasangan yang baru menikah.
Posted on Jan 24, 2023   |   Branding
Hamil di Usia "tua", Beresiko Lahirkan Anak Autis?

Keinginan untuk memiliki buah hati, umumnya adalah dambaan dari pasangan yang baru menikah. Tapi jika memiliki anak di usia matang (tua) apakah memiliki konsekuensi tersendiri, yaitu meningkatkan risiko memiliki anak dengan gangguan autisme?

Mengenai hal ini, Sean Byars, peneliti di Copenhagen Centre for Social Evolution, di Denmark melakukan penelitian dan diperoleh hasil bahwa reproduksi di usia matang tidak berhubungan dengan peningkatan risiko skizofrenia ( Gangguan mental yang dapat memengaruhi tingkah laku, emosi, dan komunikasi.pada keturunannya).

Peneliti menggunakan sampel 1,7 juta orang di mana sekira 6,5 persen didiagnosis dengan gangguan autisme atau skizofrenia. Data menunjukkan responden yang dilibatkan didiagnosis autis dan penderita skizofrenia selama 30 tahun dan lebih dari 20 faktor gabungan antara ekonomi dan sosial. Usia rata-rata ayah dan ibu dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan autis pada keturunan mereka dan efek ini diperbesar pada anak-anak yang terlahir dari ayah yang berusia tua. 

Namun, usia ibu dan ayah yang lebih tua tidak terkait dengan risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan skizofrenia. Sebaliknya, anak-anak dari orangtua muda cenderung lebih sedikit memiliki anak dengan autisme dan hanya anak-anak dari ibu-ibu yang sangat muda yang mengalami peningkatan risiko skizofrenia.

Pasangan suami istri yang memiliki perbedaan usia sangat jauh lebih berisiko melahirkan anak dengan gangguan autisme dan skizofrenia dibandingkan dengan orangtua dengan usia yang sama saat melahirkan. (red)