Tips & Tricks

Mungkin ditahun-tahun sebelumnya memiliki hidup sehat hanya sekedar wacana yang selalu terbesit didalam benak kita.
Posted on Jan 24, 2023   |   Branding
Resolusi Hidup Sehat Di Tahun Yang Baru

Mungkin ditahun-tahun sebelumnya memiliki hidup sehat hanya sekedar wacana yang selalu terbesit didalam benak kita. Nah memasuki tahun 2023 ini ada baiknya sahabat Family Guide memiliki resolusi baru untuk memiliki gaya hidup sehat.

Untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, berikut beberapa ide resolusi sehat di Tahun Baru yang dapat sahabat Ikuti: 

Mulai Berolahraga
Agar sehat selalu dekat dengan diri kita, ada baiknya kita mulai mencoba berolahraga. Hal ini diyakini karena dengan berolahraga, kita dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan mood, menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Selain itu dalam jangka panjang, olahraga dapat menambah kebugaran, kekuatan, dan metabolisme tubuh yang lebih baik. Agar resolusi ini bisa dijalankan dengan konsisten, kita perlu membuat jadwal olahraga setiap harinya agar menjadi kebiasaan rutin.

Waktu Istirahat Berkualitas
Kurang istirahat karena bekerja atau bergadang dapat menyebabkan dampak serius pada kesehatan tubuh. Misalnya saja kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, obesitas dan depresi. Selain itu mengurangi konsumsi kafein dan selalu tidur pada jam yang wajar adalah cara sederhana untuk meningkatkan kualitas tidur kita.

Kurangi konsumsi Fast Food
Mungkin karena fast food atau makanan siap saji itu praktis dan rasanya enak, kita menjadi kurang afdol jika tidak mengkonsumsinya. Namun dibalik kenikmatan rasanya, ternyata makanan ini memiliki efek yang merugikan pada kesehatan  jika dikonsumsi terlalu banyak. Makanan siap saji yang tinggi akan kalori dan karbohidrat tersebut mampu menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh kita. Selain itu makanan siap saji dapat menyebabkan obesitas dan beresiko terkena penyakit jantung dan diabetes. 

Perbanyak Aktifitas Luar Ruangan
Dapat diketahui menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dapat meningkatkan kesehatan dengan menghilangkan stres, meningkatkan suasana hati, bahkan menurunkan tekanan darah. Menurut peneliti dari Health Line, menunjukkan bahwa aktivitas luar ruangan memiliki efek positif yang penting pada kesejahteraan fisik yang berpengaruh pada kesehatan mental yang lebih baik bagi anak-anak dan orang dewasa.Contohnya saja kita dapat bersepeda di sore hari, atau sekedar jalan-jalan santai keliling lingkungan rumah. (red)