Health

Saat musim hujan, batuk memang menjadi ancaman kesehatan yang sangat umum dialami setiap orang, tidak terkecuali anak-anak.
Posted on Dec 13, 2022   |   Branding
Obat Batuk Alami Yang Aman dikonsumsi Anak-Anak

Saat musim hujan, batuk memang menjadi ancaman kesehatan yang sangat umum dialami setiap orang, tidak terkecuali anak-anak. Dapat diketahui, batuk sebenarnya merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan zat atau partikel dari dalam tubuh khususnya saluran pernafasan. Hal ini diyakini dapat membantu tubuh menjaga tenggorokan tetap bersih dari dahak dan iritasi lainnya. Meski demikian, batuk yang terus-menerus juga harus diwaspadai karena bisa menjadi pertanda kita mengalami kondisi tertentu, seperti alergi, infeksi virus, atau infeksi bakteri.

Jika batuk terjadi pada anak, tentunya sebagai orangtua kita patut khawatir, karena dapat mengganggu kesehatannya. Berikut beberapa obat berbahan alami yang dapat diberikan pada anak, jika mereka mengalami batuk: 

Air Putih

Saat batuk, ibu perlu memberi cairan yang cukup pada anak agar tubuh anak tetap terhidrasi. Dalam hal ini kita cukup memberikan air putih hangat untuk mengurangi batuk serta lendir yang menyangkut ditenggorokan. Selain air putih hangat, ibu juga bisa memberi teh manis hangat untuk meringankan batuk dan melegakan tenggorokan si kecil. 

Madu

Cairan alami lainnya yang dapat digunakan untuk meredakan batuk adalah madu. Tidak dapat dipungkiri, madu merupakan salah satu bahan alami yang dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan, salah satunya meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Caranya mudah saja dengan mencampur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon. Madu dapat menenangkan tenggorokan yang sedang meradang dan jus lemon bisa membantu mengatasi hidung tersumbat.

Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Meskipun tidak meredakan batuk secara langsung, obat alami ini membantu menyeimbangkan bakteri Flora gastrointestinal yang hidup di usus. Keseimbangan bakteri dalam usus ini lah yang mendukung fungsi sistem imun di seluruh tubuh. Probiotik sendiri dapat diperoleh dari kedelai, yogurt, kefir, kombucha dan tempe.

Jahe

Selain bahan alami yang sudah disebutkan diatas, Jahe juga memiliki sifat inflamasi yang dapat meredakan batuk kering atau asma. Senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Caranya iris jahe tipis-tipis sebanyak 20-40 gram kemudian rebus sampai sari-sarinya keluar. Setelah itu, tuang ke dalam gelas dan diamkan sampai tidak terlalu panas sebelum diberikan pada anak. Selain itu kita juga bisa menambahkan sedikit madu atau susu untuk menambahkan cita rasa manis agar si kecil suka. 

Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang memicu batuk. Caranya mudah dengan mencampurkan 1/4-1/2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih hangat. Lalu suruh lah si kecil berkumur. (red)