Health

Meskipun rasanya pahit, ternyata daun pepaya memiliki segudang manfaat kesehatan, terutama bagi ibu yang baru menjalani proses persalinan
Posted on Dec 11, 2022   |   Branding
Manfaat Daun Pepaya Untuk ibu Menyusui

Meskipun rasanya pahit, ternyata daun pepaya memiliki segudang manfaat kesehatan, terutama bagi ibu yang baru menjalani proses persalinan dan sedang menyusui si Kecil. Menurut studi dari National Library of Medicine, Amerika Serikat, Daun pepaya merupakan salah satu galactagogues yang mengandung quercetin yang dapat mengaktifkan hormon prolaktin dan membantu meningkatkan ASI. 

Berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan selama menyusui si kecil: 

Memperlancar ASI

Ibu dapat mengkonsumsi daun pepaya dengan cara merebus atau dengan membuat jus daun pepaya. Walaupun rasanya pahit, namun bahan alami ini akan sangat membantu dalam meningkatkan ASI sehingga bayi mendapatkan bayi dengan kualitas yang bagus. Hal ini dikarenakan senyawa quercetin yang terkandung dalam daun pepaya mampu merangsang produksi hormon prolaktin yang membuat produksi ASI menjadi lebih optimal. 

Bergizi Bagi Bayi.

Selain bermanfaat untuk ibu, daun pepaya juga memberikan manfaat untuk kesehatan bayi. Hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, serta kalsium, yang dapat memenuhi gizi bayi untuk tumbuh kembangnya. 

Nafsu Makan Si Kecil

Selama menyusui, ibu memang harus terus mengonsumsi makan makanan sehat. Jika ibu nafsu makannya berkurang, maka akan berdampak pada ASI yang diproduksi. Menariknya, hal ini juga bisa berpengaruh pada bayi. Bagi bayi yang sulit untuk makan, maka daun pepaya juga bisa membantu dalam meningkatkan nafsu makannya. Itu sebabnya, Ibu menyusui bisa mencoba untuk mengkonsumsi daun pepaya agar ASI yang diberikan bisa merangsang bayi untuk mau makan kembali. 

Lancarkan Pencernaan.

Bagi ibu menyusui, tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan agar makanan yang dikonsumsi dapat terserap dengan baik. Itu sebabnya daun pepaya juga bisa menjadi obat sembelit untuk ibu hamil maupun menyusui. Bagi ibu menyusui tentunya akan sangat penting untuk memiliki saluran pencernaan yang lancar agar semua nutrisi makanan bisa terserap secara maksimal karena nantinya nutrisi itu jugalah yang akan diserap oleh tubuh bayi.

Memperkuat tulang dan gigi

Selain mengonsumsi susu dengan kandungan kalsium tinggi, memperkuat tulang dan gigi ternyata juga bisa dilakukan dengan banyak mengonsumsi daun pepaya. Ketika ibu mengonsumsi daun pepaya, maka bayi akan mendapatkan manfaatnya di mana tulang dan gigi mereka tubuh dengan baik dan sehat. 

Menghangatkan badan.

Mengonsumsi daun pepaya tidak hanya membuat si ibu hangat, namun ASI yang diminum si bayi juga menjadi lebih hangat dan nyaman.

Menjaga Sistem Imun Tubuh

Mengkonsumsi daun pepaya pada ibu menyusui ternyata dapat memperkuat sistem imun ibu dan bayi. Hal ini tentunya juga sangat bermanfaat bagi bayi karena dengan imun yang kuat, bayi tidak mudah terserang penyakit. Semakin sehat tubuh bayi maka akan semakin baik juga pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya. (red)