Tips & Tricks

Memiliki bibir yang sehat dan lembab tentu akan terasa nyaman. Namun ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan gangguan pada bibir yang kering dan pecah-pecah,
Posted on Jun 15, 2022   |   Branding
Bibir kering dan Pecah Pecah, berikut cara mengatasinya...

Memiliki bibir yang sehat dan lembab tentu akan terasa nyaman. Namun ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan gangguan pada bibir yang kering dan pecah-pecah, diantaranya karena kondisi lingkungan, suhu dari suatu ruangan, kondisi tubuh yang memang sedang mengalami penyakit atau kebiasan buruk. 

Untuk mengatasi masalah tersebut berikut beberapa tips jika kita mengalami bibir kering dan peach-pecah: 

Krim Pelumas

Untuk melindungi bibir, kita dapat menggunakan krim pelumas berbahan dasar minyak atau lip balm yang mengandung petrolatum atau lilin lebah. Sebelum pergi beraktivitas dalam cuaca dingin atau kering, oleskan krim bibir atau balm yang mengandung tabir surya. 

Hindari menjilat bibir

Jika kita sering atau cenderung untuk menjilat bibir, hindari lip balm yang memiliki rasa yang mungkin menggoda untuk menjilat bibir lebih sering. Hal ini dikarenakan air liur menguap cepat, membuat bibir lebih kering dibandingkan sebelum dijilat. 

Tetap terhidrasi.

Minum banyak cairan, dan lembabkan udara di rumah anda dengan humidifier. Selain itu penggunaan humidifier (alat pelembab udara) dapat membantu mencegah kulit kering dan bibir pecah-pecah, terutama jika kita sering menghabiskan waktu di ruangan ber AC. Selain itu untuk tetap terhidarasi kita cukup minum cukup air minimal 8-10 gelas perhari, selain itu lengkapi dengan konsumsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi serat dan cairan.

Hindari alergen.

Hindari kontak dengan iritan atau alergen, seperti pengharum atau pewarna, dalam kosmetik atau produk perawatan kulit. 

Bernapas melalui hidung.

Pernapasan melalui mulut dapat menyebabkan bibir kita mengering. Jika bibir pecah-pecah parah dan tidak menanggapi pengobatan di rumah, konsultasikan dengan dokter. Bibir yang pecah-pecah terus-menerus mungkin menunjukkan ada masalah kesehatan. (red)