Citybuzz

IKEA Indonesia yang juga memiliki unit bisnis lain yaitu IKEA Food, memiliki komitmen untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.
Posted on Jun 09, 2022   |   Branding
Hadirkan Produk Perikanan Ramah Lingkungan, IKEA Mendapat Sertifikasi MSC dan ASC

IKEA Indonesia yang juga memiliki unit bisnis lain yaitu IKEA Food, memiliki komitmen untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Salah satu langkah nyata yang dilakukan untuk merealisasikan komitmennya adalah dengan menyediakan makanan yang diolah dengan prosedur yang bertanggung-jawab secara sosial dan lingkungan. Pada Desember 2021, IKEA Indonesia telah berhasil menjadi industri ritel pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi Chain of Custody (CoC) atau Rantai Pengawasan dari Marine Stewardship Council (MSC) untuk produk salmon, sekaligus sertifikat Aquaculture Stewardship Council (ASC) untuk produk olahan ikan nila. Perolehan sertifikasi ini sejalan dengan tema Hari Laut Sedunia 2022, “Revitalisasi: Aksi Kolektif Untuk Laut” yang jatuh pada hari ini. Serta merupakan hasil dari serangkaian kegiatan, mulai dari pelatihan mengenai standar keberlanjutan MSC, koordinasi internal, serta persiapan proses audit sejak akhir 2020 hingga pengumuman hasil pada akhir 2021.

Menurut laporan tahunan MSC tahun 2020, sebanyak 34 persen perikanan dunia saat ini ditangkap secara berlebih. Hal tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan rantai makanan, serta berkurangnya spesies maritim hingga ke tahap kepunahan sehingga berdampak pada kondisi pangan dunia. Para nelayan juga terancam kehilangan mata pencaharian mereka. Sertifikasi CoC MSC dan ASC memberikan dampak positif kepada lingkungan, baik dari wilayah budidaya ikan, penangkapan ikan, maupun ekosistem laut. Selain itu, sertifikasi ini juga mendukung sepuluh persen populasi dunia yang bergantung pada perikanan sebagai mata pencaharian mereka. 

CoC MSC dan ASC merupakan sertifikasi penangkapan eco-friendly atau biasa disebut eco-labelling certification yang populer di pasar internasional dan terjamin standar konsistensinya karena didasari pada ilmu pengetahuan. Sertifikat MSC untuk tangkapan hasil laut yang bertanggung jawab yang ditandai dengan blue label, dan sertifikat ASC untuk hasil budidaya ikan dan ditandai dengan green label. Pada dasarnya, ecolabelling certification merupakan sertifikasi yang diberikan kepada usaha perikanan yang ramah lingkungan, tidak merusak biota dan habitat ikan, serta membahayakan hewan lain di dalam ekosistem perairan.

“Saat ini, masih banyak permasalahan yang menyelimuti industri perikanan untuk pangan terlebih lagi masalah penangkapan ikan berlebih. Kami terus berupaya untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang dengan menyediakan produk makanan yang ramah lingkungan dan diproses secara bertanggung jawab dari segi sosial maupun lingkungan,” ujar Food Safety Manager IKEA Indonesia, Padma Rizki Dwi. “Sertifikasi ini merupakan bukti dukungan kami terhadap industri perikanan, ekosistem laut, nelayan dan juga peternak ikan sehingga kami dapat dengan bangga menghidangkan IKEA Food yang terbuat dari hasil tangkapan yang tersertifikasi MSC dan ASC. Hal ini juga merupakan bukti bahwa makanan yang IKEA Food sajikan ramah lingkungan serta bertanggung jawab,” tutup Padma.

Program Director Marine Stewardship Council, Hirmen Syofyanto menyampaikan antusiasmenya karena hidangan olahan laut yang berkelanjutan kini bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia melalui IKEA Indonesia. “Kepedulian untuk menciptakan lingkungan perairan yang berkelanjutan masih harus ditingkatkan. Maka dari itu penting bagi sebuah brand untuk menangkap ikan dengan bertanggung jawab. Kami sangat menghargai kepedulian dan usaha yang dilakukan IKEA Indonesia dalam melakukan perwujudan sustainable fishing dengan mendapatkan sertifikasi MSC dan ASC ini. Saya percaya upaya ini akan menginspirasi perusahaan lain untuk menerapkan pendekatan yang sama dan menawarkan menu ikan dengan kualitas terbaik kepada para pelanggan.”

Melalui sertifikasi CoC MSC dan ASC, IKEA Indonesia terus melanjutkan komitmennya dengan menjamin makanan yang disediakan IKEA Food berasal dari hasil tangkapan para nelayan yang berkelanjutan bagi alam. Selain itu, masyarakat yang mengkonsumsi ikan dengan sertifikat MSC dan ASC ikut mendukung lingkungan perairan menjadi lebih berkelanjutan. Menu ikan bersertifikat dan ramah lingkungan ini dapat dipesan di restoran Swedia yang ada di seluruh gerai IKEA Indonesia. (red)

foto: doc ikea