Health

Saat memasuki usia kepala empat kadang kita merasa berasa tua karena gampang pikun?
Posted on Jun 07, 2022   |   Branding
Melatih Kekuatan Otot Kaki Biar Tidak Gampang Pikun?

Beberapa orang merasa, saat memasuki usia 40-an, mereka terasa sudah tua karena sering pikun atau lupa. Namun bila kita mengalami hal ini, tidak ada salahnya kita mencoba memperkuat otot kaki. Mengapa bisa demikian? Karena sebuah penelitian yang dikembangkan King's College London mengungkap otot kaki yang kuat dapat mencegah kepikunan di usia tua. 

Untuk diketahui penelitian yang dipimpin oleh Dokter Claire Stevens ini mengungkap ada hubungan perlindungan yang sangat nyata dari kekuatan kaki terhadap kemampuan mental dan struktur kesehatan otak dalam kurun waktu 10 tahun. Penelitian dilakukan terhadap kembar identik yang terdapat dalam populasi orang normal dan sehat, karena dapat menggambarkan hubungan antara kekuatan kaki dan kinerja otak.

Kembar identik dipilih sebagai subjek penelitian karena memiliki gen yang hampir sama, sehingga apabila ada perbedaan di antara subjek penelitian dapat ditelusuri,  seperti apakah karena faktor gaya hidup atau berkat upaya menjaga kesehatan. "Sangat menarik melihat perbedaan dan struktur otak pada kembar identik yang memiliki perbedaan kekuatan kaki sejak 10 tahun lalu, karena dapat menunjukkan bahwa perubahan sederhana dalam gaya hidup dengan meningkatkan aktivitas fisik dapat menjaga kesehatan fisik dan mental setiap orang," kata Claire Stevens.

Dalam risetnya, Stevens melibatkan 324 kembar identik perempuan berumur lima puluhan menjadi relawan dalam penelitian ini. Dalam kurun  10 tahun mereka dipantau gaya hidupnya, khususnya yang terkait dengan kesehatan. Hasil penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Gerontology ini menunjukkan bahwa kekuatan kaki memiliki hubungan yang sangat erat dengan fungsi mental dan faktor kesehatan lain.

Selain itu Stevesns dan teman-temannya dalam penelitian ini mempertimbangkan faktor lain seperti kesehatan jantung. Dugaannya, ini karena kekuatan kaki merupakan penanda bahwa seseorang itu rutin berolahraga atau tidak.

Dari studi yang pernah dilakukan pada hewan percobaan terungkap, bahwa olahraga atau aktivitas fisik diduga dapat memicu pelepasan senyawa kimia yang dapat mendorong sel-sel saraf agar terus tumbuh, dan ini juga berlaku untuk sel saraf di dalam otak. Dengan begitu siapapun yang berolahraga secara rutin dipastikan memiliki fungsi otak yang baik, tak peduli berapapun usianya. Kebetulan, kaki juga terdiri atas otot-otot terbesar yang dimiliki tubuh, sehingga bila otot kaki dalam keadaan bugar maka itu sama artinya dengan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Di sisi lain, aspek ini memudahkan seseorang untuk memperoleh manfaat terhadap otak, meski hanya melakukan gerakan fisik ringan seperti berdiri atau jalan kaki. Jadi latih otot kaki ya biar tidak gampang pikun. (red)