Health

Mengkonsumsi terlalu banyak kafein ternyata berpengaruh terhadap kesehatan payudara.
Posted on May 16, 2022   |   Branding
Pengaruh Kafein Pada Kesehatan Payudara

Mengkonsumsi terlalu banyak kafein ternyata berpengaruh terhadap kesehatan payudara. Hal ini dsisebabkan tanpa disadari, kita kerap mengkonsumsi teh, kopi, coklat, soft drink yang ternyata mengandung kafein. Untuk diketahui ternyata dampak buruk dari kafein adalah bisa melemahkan sistem saraf pusat dengan efek stimulan. Efek samping kafein yang mungkin kerap tidak disadari adalah pengaruhnya pada payudara. Namun demikian pengaruh kafein menurut University of Rochester Medical Center, New York, Amerika Serikat biasanya tidak memerlukan perawatan apapun.

Berikut pengaruh kafein pada payudara yang perlu kita tahu : 

Benjolan Fibrokistik

Benjolan pada payudara ini mengandung sel yang mengumpulkan cairan ke dalam kista yang sering membuat payudara terlihat memadat. Masalah fibrokistik (Benjolan kondisi jinak bukan Kanker) terjadi di payudara akibat asupan kafein meningkat dan benjolan ini mungkin akan timbul dan hilang diberbagai area payudara. Selain benjolan, kita akan juga merasa nyeri yang akan timbul dan hilang. Untuk mengatasi benjolan dan nyeri ini cukup dengan menghindari kafein dari daftar menu harian kita. 

Kelenjar dan Jaringan jadi Padat

Payudara yang sering menerima asupan kafein yang tinggi dapat menyebabkan perubahan fibrokistik pada payudara, serta dapat menyebabkan area yang mencurigakan pada mammogram (kelenjar dan jaringan payudara). Dampak mammogram pada payudara fibrokistik sering menunjukkan kalau area pada payudara tertentu sangat padat. Namun payudara fibrokistik akibat asupan kafein biasanya tidak meningkatkan risiko kanker payudara. (red)