Health

Ibu menyusui jangan makan sambal atau makanan pedas,
Posted on May 13, 2022   |   Branding
Makan Cabai Bisa Bikin ASI Pedas?

Mungkin kita pernah mendengar kalau Ibu menyusui jangan makan cabai atau makanan pedas, nanti ASI nya bisa pedas dan bayinya mencret. ASI terasa pedas akibat ibu makan sambal atau konsumsi makanan pedas, sejatinya hanyalah isapan jempol alias hanya mitos turun temurun. Untuk diketahui, rasa dan aroma ASI memang berubah tergantung apa yang dimakan oleh sang ibu. Namun ASI hanya mengambil sari-sari nutrisi dari apa yang ibu makan. Hal ini membuat rasa ASI tidak akan sama persis dengan rasa makanan yang dimakan oleh ibu. 

Jadi ibu tidak perlu khawatir bayi akan kepedasan saat dia sedang menyusu. Lantas kenapa ada bayi yang mencret setelah menyusu dari ibu yang baru memakan makanan pedas? Jawabannya adalah pada cabai terdapat senyawa yang bernama capsaicin. Senyawa inilah yang berperan menimbulkan sensasi terbakar pada mulut ketika kita memakan makanan pedas. Saat ibu menyusui mengonsumsi sambal, senyawa capsaicin terserap ke dalam darah dan terbawa bersama dengan nutrisi penting lainnya untuk produksi ASI. 

Jika bayi sensitif terhadap senyawa ini, maka tentu saja pencernaannya akan terganggu. Senyawa capsaicin inilah yang membuat kotoran bayi menjadi mencret, bukan karena rasa ASI yang berubah menjadi pedas. Namun tidak semua bayi mengalami hal ini. Karena itu, penting bagi ibu menyusui untuk mengetahui apakah bayi sensitif terhadap capsaicin atau tidak. Meskipun sejauh ini tidak ditemukan kaitan antara ASI pedas dengan pencernaan bayi, ibu menyusui tetap disarankan untuk membatasi jumlah konsumsi makanan pedas.  Hal ini untuk mencegah ibu terkena diare dan kekurangan cairan. Kekurangan cairan yang dialami ibu membuat produksi ASI terganggu. 

Sebenarnya sah-sah saja bagi para ibu untuk mengonsumsi makanan yang memiliki rasa pedas dan asam. Namun harus diperhatikan bahwa jumlah yang disarankan masuk ke dalam tubuh harus dalam jumlah yang terbatas. Jika ibu menyusui mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, dikhawatirkan bisa memberi dampak tak hanya pada bayi. Sebab terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas bisa memicu terjadinya masalah pencernaan dan berujung pada dehidrasi yang mungkin dialami ibu. (red)