Maternity

Buah alpukat memang salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi pada saat masa kehamilan
Posted on May 11, 2022   |   Branding
Berbagai Manfaat Mengkonsumsi Alpukat di Masa Kehamilan

Buah yang berasal dari pohon alpukat atau dikenal dengan nama Persea Americana ini memang salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi pada saat masa kehamilan. Berbagai kandungan baik yang terkandung dalam alpukat, dan salah satunya adalah asam folat. Selain itu buah alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan mengandung berbagai macam nutrisi penting termasuk vitamin serta mineral yang sangat diperlukan ibu hamil.   

Untuk diketahui tidak ada pantangan khusus untuk menghindari makan alpukat selama kehamilan, kecuali ibu yang alergi terhadap alpukat. Berikut beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang perlu diketahui :

Asam folat

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan asam folat tinggi, bahkan jika dibandingkan dengan buah pisang. Setengah buah alpukat mengandung sekitar 90 mikrogram (mcg) asam folat, sementara dua buah pisang hanya mengandung 60 mcg asam folat. Sebagai informasi, Asam folat adalah nutrisi utama pada masa kehamilan yang memproduksi dan memelihara sel-sel baru sehingga mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi.

Lemak Baik

Alpukat adalah salah satu cara untuk menambah berat badan ibu saat hamil. Hal ini dikarenakan asupan lemak yang terdapat pada alpukat, adalah lemak baik yang berguna bagi ibu hamil. Alpukat dapat dikonsumsi ibu karena baik untuk menghidar terjadinya obesitas atau kemungkinan serangan jantung pada saat kehamilan. Alpukat diperkaya dengan kalori dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal adalah lemak baik yang membantu ibu mencukupi kebutuhan kalori yang dibutuhkan. Selain itu lemak baik juga dapat membantu memperkuat struktur sel membran bayi hingga meningkatkan kualitas tidur ibu hamil.

Tinggi Serat

Saat hamil ibu mungkin akan mengalami sembelit, oleh karena itu ibu harus makan makanan yang mengandung serat yang terdapat pada alpukat. Kandungan serat yang mudah larut pada alpukat diyakini sangat baik untuk melancarkan metabolisme tubuh dan sistem pencernaan ibu. Selain itu serat yang terdapat pada buah ini dapat mengurangi resiko  diabetes gestasional dan preeklampsia.

Kaya Antioksidan

Kandungan lain yang terdapat pada alpukat adalah likopen serta beta karoten yang merupakan antioksidan sehingga bermanfaat untuk tubuh. Itu sebabnya alpukat sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena antioksidan dapat meningkatkan regenerasi sel reproduksi di dalam tubuh.

Menjaga Tekanan darah
Manfaat lain dari alpukat untuk ibu hamil adalah dapat mengatur dan menyeimbangkan tekanan darah. Hal ini karena kandungan magnesium serta kalium di dalamnya. Itu sebabnya jika ibu mempunyai kemungkinan mengalami hipertensi gestasional, tidak ada salahnya mengonsumsi alpukat pada masa kehamilan.

Penyerapan Nutrisi

Ada banyak kandungan nutrisi dalam alpukat sehingga dapat membantu memenuhi asupan harian yang dibutuhkan ibu hamil. Kandungan nutrisi itu diantaranya; protein, vitamin A, vitamin K, folat, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin E.

Mencegah kram

Kram sering menjadi masalah yang dialami sebagian besar ibu hamil.  Kram kaki saat hamil biasanya terjadi di trimester ketiga karena tubuh kekurangan asupan kalium, kalsium, serta magnesium. Alpukat sangat penting dikonsumsi karena terdapat kandungan kalium sebanyak 458 mg dalam 100 gram buah alpukat.

Mengurangi Mual

Alpukat dapat membantu mengurangi ibu mual (morning sickness) saat kehamilan. Mual dan muntah hebat pada awal masa kehamilan kerap kali terjadi. Kandungan vitamin C, vitamin B6 dan asam folat pada alpukat dapat membantu mengurangi mual pada saat kehamilan.

Mencegah anemia

Kandungan vitamin B5, dan juga zat besi yang terdapat pada alpukat dapat membantu produksi sel darah merah dan mempertahankan kadar zat besi didalam darah saat kehamilan dan ini mencegah terjadinya anemia (kurang darah) pada ibu. (red)