Tips & Tricks

Hampir setiap kaum hawa akan mengalami keputihan dan sejatinya keputihan ini adalah hal yang normal.
Posted on May 08, 2022   |   Branding
Atasi Keputihan dengan Daun Sirih

Keputihan menjadi masalah yang kerap dikeluhkan perempuan dan hampir setiap mereka akan mengalami keputihan. 

Keputihan yang normal umumnya terjadi menjelang masa subur. Tetapi ketika keputihan disertai rasa gatal, berbau busuk dan kemerahan atau rasa panas serta nyeri, harus diwaspada karena merupakan pertanda adanya infeksi pada vagina. 

Untuk diketahui Infeksi vagina dapat disebabkan jamur (kandida), bakteri yang berbahaya, atau parasit trikomoniasis. Karena salah satu penyebab keputihan adalah infeksi bakteri, maka dapat diatasi dengan mengendalikan pertumbuhan bakteri di organ intim. Beberapa bahan alami dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan antibakteri. Salah satunya daun sirih. 

Sejak jaman daun sirih sudah dikenal memiliki khasiat sebagai obat trandisional dan dimanfaatkan sebagai cairan antiseptik serta antibakteri di organ intim. Diketahui, daun sirih memiliki profil bakteriosit, yaitu dapat menghambat pertumbuhan bakteri. 

Untuk menghilangkan keputihan dengan menggunakan daun sirih, kita hanya perlu menyiapkan 3-4 lembar daun sirih. Kemudian rebus daun sirih bersama dua gelas air selama 10-15 menit, hingga air rebusan berubah warna dan daur sirih menjadi layu. Lalu, saring rebusan daun sirih dan biarkan hingga suhunya normal kembali. 

Setelah suhu air rebusan daun sirih kembali normal, kita dapat langsung meminumnya untuk menghilangkan keputihan. Untuk hasil yang maksimal, kita bisa meminumnya sebanyak 2-3 kali dalam sehari. 

Selain diminum, air rebusan sirih ini juga dapat diaplikasikan ke vagina dengan bantuan tampon supaya mengenai bagian dalam organ kewanitaan. Kita hanya perlu mencelupkan tampon bersih pada air rebusan daun sirih yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian, masukkan tampon ke dalam lubang vagina dan diamkan selama 10-15 menit, lalu cabut kembali tampon. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. (red)