Health

Bagi penggemar kopi rasanya tidak enak kalau sehari saja tidak minum kopi
Posted on May 04, 2022   |   Branding
Sering Konsumsi Kopi Bisa Membuat Kita Panjang Umur?

Bagi penggemar kopi rasanya tidak enak kalau sehari saja tidak minum kopi. Tahu kah anda dibalik kegemaran minum kopi ini ternyata ada manfaat yang baik yaitu bisa umur panjang.  

Hal ini ternyata didukung oleh penelitian yang diterbitkan The Journal of the American Medical (JAMA) - Internal Medicine yang menunjukkan, minum kopi dapat mengurangi risiko meninggal pada umur yang masih muda. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis sekitar 500.000 orang yang menjawab kuesioner kesehatan. Beberapa orang juga dilakukan pemeriksaan sampel biologis dan pemeriksaan fisik. Di akhir, hasil penelitian menyebut jika memang adanya hubungan umur lebih panjang dengan konsumsi hampir semua tingkat dan jenis kopi. Berkurangnya risiko kematian dini tergantung dari seberapa banyak konsumsinya, kandungan kafein, dan jenis instan atau tidak dari kopi yang dikonsumsi. Kesimpulannya adalah seseorang yang mengonsumsi kopi dibandingkan yang tidak memiliki usia yang lebih panjang. Seseorang yang setidaknya minum satu cangkir kopi per hari memiliki risiko mati muda delapan persen lebih rendah dibandingkan yang tidak. 

Selain itu, penelitian observasional dilakukan oleh National Coffee Association, New York, Amerika Serikat yang melibatkan hampir 20 ribu orang menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kopi setidaknya empat cangkir setiap hari dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 64% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi kopi.

"Kopi penuh dengan antioksidan. Banyak yang terjadi secara alami antioksidan yang ditemukan dalam biji kopi, sementara yang lain dibuat selama proses pemanggangan. Ini senyawa yang menghubungkan sains dengan efek positif dalam mengurangi risiko beberapa penyakit" kata Joe DeRupo, juru bicara National Coffee Association. 

Pengurangan risiko ini lebih signifikan setelah seseorang mencapai usia 45 tahun. Temuan ini menggemakan hasil terbaru dari penelitian observasional besar lainnya yang menemukan bahwa peminum kopi tampaknya hidup lebih lama, terlepas dari apakah mereka mengkonsumsi kopi biasa atau kopi tanpa kafein. Kopi juga telah terbukti berhsil mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk diabetes tipe 2, penyakit hati, kanker kolorektal, Alzheimer dan kanker kulit. (red)