Health

Sebelum mulai berdiet, ada baiknya Anda memerhatikan 5 tanda diet tak sehat berikut ini.
Posted on May 01, 2022   |   Branding
Tanda-Tanda Jika Diet Yang Anda Lakukan Tidak Sehat

Angka di timbangan terus bergerak ke arah kanan? Wah, pasti anda sudah mulai merasa khawatir karena kelebihan berat badan, kan? Salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet. Apalagi sekarang ini, sudah banyak sekali metode-metode diet yang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. 

Namun jangan salah, ada beberapa orang yang masih melakukan diet secara serampangan dan semau-maunya. Jika terus melakukan ini, salah-salah bukan berat badan yang turun, namun justru kesehatan yang semakin drop. 

Jadi sebelum mulai berdiet, ada baiknya kita memperhatikan 5 tanda diet tak sehat berikut ini:

Selalu lapar.

Hal ini terjadi jika anda meninggalkan sarapan atau jadwal makan di waktu lain. Ini pula yang terjadi jika anda mengikuti diet secara sembarangan, mendapatkan terlalu sedikit kalori, kurang asupan makanan berserat tinggi, atau terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan tinggi lemak atau gula.

Mudah lelah.

Kekurangan karbohidrat bisa membuat seseorang lelah secara fisik dan tak bersemangat secara mental, karena karbohidrat adalah sumber utama bahan bakar tubuh.

Merasa depresi.

Hal ini terjadi karena kurang asupan lemak omega 3 dari ikan, kekurangan vitamin B, terutama asam folat, vitamin B6 dan B12.

Rakus dan mengidam.

Diet yang terlalu ketat dan banyak pantangan, melewatkan salah satu jadwal makan, dan suka mengemil makanan manis atau berlemak justru bisa menimbulkan keinginan untuk terus makan lho!

Sulit berkonsentrasi.

Lagi-lagi penyebabnya karena kebiasaan melewatkan sarapan atau jadwal makan lainnya. Kurangnya asupan antioksidan, vitamin E, dan zat besi berefek pada penurunan daya ingat dan sulit berpikir atau sulit berkonsentrasi. 

Catatan:

Diet memang memiliki aturan khusus, tapi tak berarti menyiksa diri dengan tak makan. Diet yang tepat adalah mengikuti pola makan yang disarankan, dengan kalori terkontrol dan komposisi gizi seimbang, lengkapi juga dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup. (red)