Health

Saat perut kenyang sebaiknya Anda jangan tidur. Berbagai gangguan kesehatan mengintai.
Posted on Jan 14, 2022   |   Branding
Bahaya Tidur Setelah Makan

Banyak orang yang merasa mengantuk setelah selesai makan siang. Kondisi ini sebenarnya bukan hal aneh. Sehabis makan, tubuh bekerja mencerna isi makanan. 

Namun saat perut kenyang dan kantuk menyerang, sebaiknya Anda tidak langsung tidur. Pasalnya hal tersebut bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan serius, seperti berikut ini:

1. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau refluks asam lambung.

Posisi terlentang saat tidur menyebabkan makanan yang belum sempurna dicerna berbalik dari lambung ke kerongkongan. Makanan ini membawa serta asam lambung, yang bisa menimbulkan iritasi, bahkan luka. Refluks juga memicu penyempitan saluran napas dan sleep apnea sehingga rentan mengalami henti napas saat tidur. 

2. Meningkatkan risiko diabetes.

Setelah makan, tubuh melepaskan hormon amilin, glukagon, dan kolesistokinin untuk meningkatkan kadar gula darah dan memproduksi insulin yang akan dialirkan ke dalam sel. Kadar gula darah akan naik ketika Anda berbaring atau tidur setelah makan. Jika dibiarkan, kebiasaan ini meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan risiko serangan jantung.

Saat tidur, aliran darah ke otak harus tetap terjaga sesuai kebutuhan. Bila tidur setelah makan, suplai darah akan terbagi karena lambung sedang menjalankan kegiatan menggiling makanan. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini akan membuat otak kekurangan oksigen dan terjadilah serangan jantung. (red)