Maternity

Menyusui telah terbukti memberikan banyak manfaat kesehatan bagi bayi dan ibu.
Posted on Jan 07, 2022   |   Branding
Menyusui Banyak Bakar Kalori dan sangat bermanfaat bagi Ibu

Ingin kembali langsing setelah melahirkan. caranya mudah sekali dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi kita. Hal ini dikarenakan menyusui merupakan aktivitas yang membakar banyak kalori dalam tubuh si ibu. 

Diketahui rata-rata wanita membakar sekitar 300 sampai 500 kalori per hari saat menyusui. Bagaimana proses menyusui bisa banyak membakar kalori? Mari kita ikuti penjelasan berikut.

Proses pembuatan ASI ternyata membutuhkan banyak kalori. Hal ini membutuhkan sekitar 20 kalori untuk menghasilkan satu ons susu. Jadi jika bayi makan 19 sampai 30 ons ASI per hari, berarti kalori yang dibakar ibu antara 380 sampai 600 kalori.

Menyusui sangat menguras energi sehingga disarankan para ibu untuk mengimbangi kalori ekstra yang digunakan untuk membuat ASI dengan meningkatkan asupan kalori sebanyak 500 kalori, sehingga kebutuhan total harian mencapai sekitar 3000 kalori.

Namun sejatinya menyusui tidak hanya membantu ibu membakar kalori. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui memberikan manfaat kesehatan yang langgeng bagi ibu dan bahkan dapat melindunginya dari kanker payudara yang agresif di kemudian hari. Menurut Breastfeeding Medicine, yang dilaporkan secara online, menemukan bahwa menyusui selama lebih dari enam bulan dikaitkan dengan tingkat kelangsungan hidup dan pencegahan terhadap kanker payudara yang lebih baik bagi si ibu.

Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa ibu dengan diabetes gestasional yang menyusui segera setelah melahirkan juga setengahnya cenderung kurang mengembangkan diabetes tipe 2 dalam waktu dua tahun dibandingkan wanita dengan kondisi yang sama dengan susu formula eksklusif untuk bayi mereka. (red)