Tips & Tricks

Begitu banyak kabar yang bisa kita dengar dari berbagai macam sumber informasi. Sayangnya, banyak yang tidak kita tahu kebenarannya.
Posted on Nov 24, 2021   |   Branding
Mitos Atau Fakta Tentang Kesehatan?

Begitu banyak kabar yang bisa kita dengar dari berbagai macam sumber informasi. Sayangnya, banyak yang tidak kita tahu kebenarannya. kali ini akan membahas beberapa mitos atau fakta tentang kesehatan yang beredar luas di masyarakat. Yuk disimak!

1. Minum air es bisa menggemukan
Mitos. Banyak orang percaya bahwa minum air dingin bisa menggemukkan karena membekukan lapisan lemak di perut. Padahal, air dingin yang diminum justru akan dihangatkan, hingga sesuai dengan suhu tubuh sehingga tidak mungkin membekukan lapisan lemak. Terlebih, air putih itu mengandung 0 kalori. Jadi panas atau dingin, tidak akan membuat tubuh kita gemuk. Yang perlu dikhawatirkan adalah jika kamu minum es cendol atau es kopi dengan whipped cream. 

2. Makan permen sebabkan batuk
Fakta. Batuk adalah respon tubuh untuk membersihkan tenggorokan yang tersumbat. Menurut penelitian, ada hubungan antara tingginya konsumsi permen, dengan risiko batuk-batuk akibat alergi. Selain itu, permen juga mengandung gula sederhana dalam jumlah besar yang dapat mengganggu kerja sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi gula dalam jumlah besar, bisa menurunkan fungsi sel darah putih dari sistem kekebalan tubuh dalam membunuh kuman penyakit, sehingga tubuh lebih rentan terkena infeksi yang menyebabkan batuk atau lebih sulit sembuh saat menderita batuk. Jadi, kurangi makan permen ya.

3. Minuman/makanan hangat bagus untuk meredakan batuk pilek
Fakta. Mengonsumsi minuman hangat dan sup ayam bagi mereka yang sedang batuk pilek, dapat membantu meningkatkan aliran lendir pada rongga hidung dan bermanfaat dalam menghambat perkembangan virus penyebab pilek di rongga hidung. Selain itu, minuman hangat juga terbukti memberikan rasa lega, serta mengurangi tingkat keluhan akibat batuk pilek yang biasa timbul seperti hidung tersumbat, batuk, bersin, rasa gatal pada tenggorokan, kedinginan, dan rasa lelah.

4. Gula batu lebih sehat dibanding gula pasir
Mitos. Banyak orang yang mengganti gula dengan gula batu dengan anggapan lebih sehat, karena rasanya tidak semanis gula pasir. Faktanya, ternyata nilai kalori per sendok teh gula batu sama atau bahkan bisa jadi lebih besar dibandingkan gula pasir. Satu sendok teh gula pasir memiliki sekitar 16-20 kalori, sedangkan 1 sendok teh gula batu terkandung sekitar19-20.3 kalori. Artinya, gula batu sama saja seperti gula pasir, sama-sama dapat meningkatkan resiko diabetes apabila dikonsumsi berlebih. Tapi tenang saja, kamu masih bisa mengonsumsi manisnya makanan dan minuman favorit melalui gula rendah kalori . (red)