Health

Pernahkah Anda mendengar berita bahwa ada anak yang meninggal karena alergi kacang? Benarkah alergi dapat menyebabkan kematian?
Posted on Nov 22, 2021   |   Branding
Mitos dan Fakta Tentang Alergi Makanan

Pernahkah Anda mendengar berita bahwa ada anak yang meninggal karena alergi kacang? Benarkah alergi dapat menyebabkan kematian? Dan bagaimana dengan informasi bahwa pemberian ASI dapat bantu turunkan risiko alergi pada anak? Apakah benar terbukti? 

1. Ayah saya alergi terhadap kacang. Saya pasti juga alergi kacang karena alergi itu menurun?
Alergi memang menurun. Risiko alergi diketahui lebih tinggi apabila Ibu atau kedua orang tua memiliki alergi. Namun, yang diturunkan hanyalah risiko/kemungkinan alergi, bukan jenis alerginya. Artinya, jika orangtua Anda memiliki alergi, Anda memiliki kemungkinan alergi yang lebih tinggi – tetapi jenis alergi yang dimiliki dapat berbeda antara anak dan orang tua.

2. Anak yang dilahirkan dengan operasi caesar memiliki risiko alergi yang lebih tinggi?
Benar, anak-anak yang dilahirkan dengan operasi caesar ternyata lebih berisiko memiliki alergi pada umur 2 tahun. Bahkan, risiko alergi ini dapat mencapai 5 kali lipat lebih besar pada mereka yang sering terpapar senyawa penyebab alergi dari lingkungan sekitar. Mereka yang dilahirkan dengan operasi caesar ternyata juga memiliki risiko terkena asma, diare, dan alergi makanan yang lebih tinggi.

3. Untuk mengurangi risiko alergi pada anak, salah satu caranya adalah dengan pemberian ASI?
Anak-anak yang mendapat ASI eksklusif selama 4 bulan atau lebih memiliki risiko alergi dan asma pada usia 2 tahun yang lebih rendah. Pemberian ASI dapat membantu memberikan efek perlindungan dari alergi di usia dini, termasuk alergi yang berkaitan dengan gangguan kulit dan masalah pernafasan.

4. Satu gigitan saja masih aman walaupun memiliki alergi makanan?
Reaksi alergi makanan sudah dapat timbul hanya dengan konsumsi sangat sedikit saja makanan penyebab alergi. Karena itu, penting bagi penderita alergi makanan untuk rutin membaca label makanan dan menghindari bahan penyebab alergi.

5. Kasus alergi bisa menyebabkan kematian.?

Benar! Kasus alergi dapat menyebabkan kematian jika reaksi yang ditimbulkan parah, seperti: sesak nafas, tekanan darah menurun, denyut jantung melemah, dan kehilangan kesadaran. Beberapa jenis alergi yang dapat menimbulkan gejala yang parah ini adalah alergi terhadap kacang tanah, kacang pohon atau tree nuts, ikan, makanan laut, telur, susu, gigitan serangga, karet lateks, dan obat-obatan. (red)