Health

Banyak yang percaya kalau seks ketika hamil akan membantu kelancaran proses kelahiran bayi. Apa benar?
Posted on Jun 27, 2019   |   Branding
Manfaat Bercinta Saat Kehamilan

Ada banyak orang yang percaya kalau seks ketika hamil akan membantu kelancaran proses kelahiran bayi. Memang ada benarnya, karena saat berhubungan intim,  zat prostaglandin (Zat dihasilkan setiap lemak) yang dikeluarkan sperma dapat mengakibatkan kontraksi guna membantu penekanan, sehingga kepala bayi dapat masuk kebagian bawah panggul.

Untuk waktu yang tepat dilakukan setelah trimester I (1-12 minggu) kehamilan sampai usia 7 bulan. Pada waktu ini, ibu hamil terasa releks, dan ingat jangan dilakukan sebelum trimester I, karena hubungan seks diawal kehamilan mudah terjadi kontraksi dan ari-ari belum terbentuk sehingga dapat mengakibatkan keguguran bila terjadi kontraksi dahsyat. Selanjutnya diusia 7 sampai 9 bulan, frekuensi seks sebaiknya dikurangi, karena juga akan membahayakan si janin. Dalam waktu tersebut, kontraksi akan mengakibatkan pecah ketuban dan dapat terinfeksi. Bila melahirkan, dikhawatirkan paru-paru bayi belum sempurna.

Bercinta saat kehamilan bisa menjadi lebih bergairah, namun harus dalam batas kewajaran. Hubungan intim pada saat hamil menjelang persalinan, sebaiknya dilakukan dengan releks. Posisi yang baik adalah tidak menekan perut dan ibu sebaiknya berbaring terlentang atau sedikit memiringkan tubuhnya ke kiri dan kekanan. Selain itu harus hati-hati jangan “terlalu nafsu” yang mengakibatkan kontraksi dan pecah ketuban.  (red)