Health

Reaksi alergi terhadap makanan laut dan ikan dapat bervariasi mulai rasa mual, diare, kram perut, gangguan pernapasan, gatal dan bengkak, hingga anaphylaxis shock
Posted on Nov 21, 2021   |   Branding
Benarkah, Makanan Laut Bisa Menyebabkan Alergi?

Alergi makanan laut dan ikan lebih banyak dijumpai pada orang dewasa, dan bersifat seumur hidup (tidak dapat hilang seiring bertambahnya usia).

Reaksi alergi terhadap makanan laut dan ikan dapat bervariasi mulai rasa mual, diare, kram perut, gangguan pernapasan, gatal dan bengkak, hingga anaphylaxis shock (reaksi alergi yang parah dan berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian). Alergi makanan laut dan ikan bersifat unik karena reaksi alergi juga dapat timbul akibat menghirup asap dan uap yang dihasilkan saat memasak (terutama saat memanggang).

Kenapa hal itu bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena pada saat proses pemasakan, makanan laut dan ikan dapat melepaskan komponen protein dengan ukuran sangat kecil yang dapat menyebabkan reaksi alergi di sistem pernapasan dan paru-paru. Selain itu, komponen penyebab alerginya juga seringkali menempel dan sulit dibersihkan dari peralatan memasak sehingga reaksi alergi dapat timbul melalui kontak dengan peralatan memasak.

Memiliki alergi makanan laut? Waspadalah saat makan di restoran seafood walaupun tidak memesan menu seafood. (red)