Health

Tahukah kita bahwa rata - rata kebutuhan serat seorang pria per harinya adalah sebesar 38 gram, dan untuk wanita sebesar 25 gram.
Posted on Nov 19, 2021   |   Branding
Jadwal Makan Tinggi Serat yang Baik Bagi Tubuh

Tahukah kita bahwa rata - rata kebutuhan serat seorang pria per harinya adalah sebesar 38 gram, dan untuk wanita sebesar 25 gram. Namun, seringkali kita kurang mengonsumsi serat, bahkan dalam makanan sehari – hari. Padahal serat memiliki peran yang penting di dalam tubuh kita karena serat dapat membantu sistem pencernaan, menjaga berat tubuh, menurunkan kolesterol, dan mencegah konstipasi (susah buang air).

Berikut, beberapa tips jadwal makan harian yang bisa memenuhi kebutuhan serat sehari – hari:

Makan Pagi
Salah satu cara untuk memastikan kebutuhan serat harian kita terpenuhi adalah dengan mengonsumsi sarapan yang tinggi kandungan seratnya. Memulai hari Anda dengan makanan yang tinggi serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah konsumsi cemilan kurang sehat. Beberapa jenis pilihan sarapan yang bisa dicoba: oatmeal, sereal tinggi serat, dan roti gandum. Konsumsi makanan tinggi kandungan gandum, selain baik untuk memenuhi kebutuhan serat, juga baik untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Makan Siang
Saatnya makan berat! Namun konsumsi serat Anda masih dibawah batasan normal? Ganti nasi putih Anda dengan nasi merah ya! Nasi merah memiliki kandungan serat yang tinggi, yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, nasi merah juga memiliki kandungan gula (glukosa) yang lebih rendah, sehingga gula darah kita tidak meningkat dengan cepat – dan aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki diabetes.

Makan Malam
Malam hari adalah saatnya tubuh kita beristirahat. Agar asupan kalori yang masuk ke tubuh kita tidak terlalu tinggi, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur. Namun perhatikan saat Anda mengkonsumsi sayur, karena kandungan serat per porsi sayur tidak terlalu banyak, sehingga harus dimakan dalam jumlah yang banyak. Beberapa sayur dengan kandungan serat yang tinggi : kacang polong, bayam, jagung, dan brokoli

Snack Pagi/Sore
Buah - buahan adalah snack yang baik. Namun tidak semua buah mengandung serat yang tinggi. Beberapa buah dengan kandungan serat yang tinggi contohnya: blackberry, blueberry, pisang, serta pear dan apel. Coba konsumsi pear dan apel dengan kulit buahnya ya – namun pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu. Selain dari buah dan sayur, serat pun bisa ditemukan di beberapa makanan lain, seperti kacang kacangan dan biji bijian seperti: kacang merah, kacang edamame, almond, dan sebagainya. (red)