Citybuzz

Penggunaan masker selama masa pandemi Covid-19 ini merupakan salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan. Bagi sebagian orang, penggunaan masker ternyata menimbulkan kekhawatiran akan masalah kulit,
Posted on Nov 18, 2021   |   Branding
Mencegah Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Penggunaan masker selama masa pandemi Covid-19 ini merupakan salah satu hal penting dalam menjaga kesehatan. Bagi sebagian orang, penggunaan masker ternyata menimbulkan kekhawatiran akan masalah kulit, salah satunya maskne atau jerawat yang muncul akibat penggunaan masker, terlebih lagi saat ini kita dianjurkan untuk menggunakan double mask. 

Untuk diketahui di Indonesia, jerawat merupakan masalah kulit yang dialami oleh banyak orang. Ada banyak faktor pemicu jerawat mulai dari faktor internal maupun eksternal diantaranya seperti suhu dan kelembaban udara tinggi, kecintaan terhadap makanan manis dan olahan, penggunaan makeup, dan masih banyak faktor lainnya. Penggunaan masker pun dapat meningkatkan resiko masalah kulit.

dr Arini Widodo, SpKK, dokter spesialis kulit, menjelaskan “Maskne dapat terjadi akibat menumpuknya minyak, kotoran, dan keringat pada area kulit yang tertutup masker. Maskne juga dapat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup seperti kebiasan tidak membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker. Berdasarkan penelitian (J, Park et al, 2004), Magnolia Bark Extract memiliki antibacterial property, astringent property dan anti-inflammatory property, sehingga dapat membantu membersihkan bakteri penyebab jerawat dan peradangan akibat jerawat. Oleh karena itu kandungan ini dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk kondisi kulit yang berjerawat.” 

Menanggapi hal ini sebagai brand perawatan kulit yang berkomitmen dalam menghadirkan inovasi produk yang dapat membantu menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, NIVEA mengajak untuk taat terhadap protokol kesehatan salah satunya menggunakan double mask tanpa khawatir akan jerawat karena NIVEA menghadirkan NIVEA Oil & Acne Care MicellAir dengan Ekstrak Magnolia, pembersih wajah terbaru dengan kandungan Magnolia Bark Extract.

“Magnolia Bark Extract merupakan bahan yang telah dikenal luas memiliki banyak manfaat bagi kulit, kami menyebutnya sebagai the purple power. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim Research & Development Beiersdorf, Magnolia Bark Extract memiliki kemampuan anti-inflammatory 1,5 kali lebih baik dari Salicylic Acid, kandungan yang banyak terdapat pada produk skin care untuk kulit berjerawat. NIVEA Oil & Acne Care MicellAir dengan Ekstrak Magnolia yang 0% alkohol ini memiliki dual function untuk memberikan double care pada kulit yaitu membersihkan dari makeup, debu dan kotoran serta melindungi dari bakteri penyebab jerawat,” jelas Dian Nuzulia selaku Senior Brand Manager NIVEA Face, Sun & Lip

Bubah Alfian, Brand Ambassador NIVEA, Makeup Expert pun menceritakan kekhawatiran orang-orang di sekitarnya mengenai maskne. “Tidak sedikit kerabat maupun klien saya yang mengalami maskne. Tidak hanya mereka yang berjenis kulit berminyak, melainkan juga yang kulitnya cenderung kering hingga normal, karena saat menggunakan masker, kulit yang tertutup jadi kurang leluasa bernafas dan terasa lebih lembab. Ditambah dengan penggunaan makeup, semakin membuat kulit tak bebas bernapas. Selain itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kulit dengan rajin membersihkan wajah agar kulit dapat bernafas dengan lebih bebas. Kunci untuk mendapatkan hasil makeup yang sempurna harus diawali dengan perawatan kulit yang tepat. Kulit yang tidak terawat dengan baik dapat membuat pengaplikasian makeup menjadi tidak maksimal. (red)