Health

Sahabat FamilyGuide ada yang sedang hamil? Pernah terpikir tidak, perubahan apa saja yang sedang terjadi di dalam tubuh Anda? Berikut, berbagai hal unik yang terjadi dalam tubuh ibu yang sedang mengandung!
Posted on Nov 17, 2021   |   Branding
Hal Unik yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Hamil

Sahabat FamilyGuide ada yang sedang hamil? Pernah terpikir tidak, perubahan apa saja yang sedang terjadi di dalam tubuh Anda? Berikut, berbagai hal unik yang terjadi dalam tubuh ibu yang sedang mengandung!

Rahim yang Membesar
Rahim perempuan normalnya berukuran sebesar buah pear. Namun saat mengandung, ukuran rahim bisa mengembang sampai sebesar buah semangka lho! Tenang saja, ukuran ini kembali lagi ke ukuran normal setelah bayi keluar. Hebat sekali, bukan!

Jantung Bekerja Lebih Keras
Ketika hamil, jantung akan memompa darah 40%-50% lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil. Hal ini disebabkan karena darah juga harus dipompa untuk tali pusar bayi dan plasenta.

Saatnya Ngobrol dengan Adik Bayi!
Saat usia kehamilan memasuki minggu ke-18, telinga bayi akan sudah berkembang baik. Jadi, bayi sudah bisa mendengar jika Anda berbicara dengannya, atau saat Anda bernyanyi/lagu yang Anda putar untuk bayi.

Plasenta Ibu = 4 Organ Tubuh
Plasenta merupakan organ yang sangat hebat! Saat ibu sedang hamil, plasenta melakukan pekerjaan gabungan dari berbagai organ. Plasenta membantu menyalurkan nutrisi dari ibu ke janin dan hasil buangan dari janin ke darah ibu. Selain itu, plasenta juga bertugas menjadi penyaring agar bahan yang jahat tidak masuk ke janin, dan bertugas juga untuk mensuplai darah janin selama di kandungan.

Bayi Sudah Bisa Merasakan Makanan Pertamanya
Saat kehamilan memasuki usia 20 minggu, indera perasa bayi akan sudah bekerja sehingga mereka bisa merasakan juga apa yang Anda konsumsi. Wah, saatnya memperkenalkan berbagai jenis makanan kepada bayi nih! Pastikan makanan yang Anda pilih tetap sehat dan mengandung gizi baik bagi Anda dan bayi, ya!

Bayi Sudah Bisa Melihat!
Saat usia kehamilan memasuki 30 minggu, iris mata bayi sudah memiliki sensitivitas terhadap cahaya, karena ternyata di dalam rahim tidak segelap itu! Jika Anda merebahkan diri di bawah sinar matahari langsung, bayi akan berusaha untuk menghalau sinar matahari agar tidak terlalu terang

Latihan Menangis Sudah Dilakukan Sejak Bayi di Rahim
Sudah siap menghadapi tangisan bayi Anda? Ternyata, saat di dalam rahim pun bayi sudah berlatih untuk menangis. Tapi tenang, menangis bukan berarti bayi sedih lho. Bayi harus belajar menangis karena pada saat awal, menangis adalah salah satu cara bayi berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. (red)