Health

Tidak suka makan manis, tapi hobi makan roti, keripik kentang, atau kentang goreng? Sama saja efeknya!
Posted on Nov 16, 2021   |   Branding
Agar Tidak Ketagihan Gula

Tidak suka makan manis, tapi hobi makan roti, keripik kentang, atau kentang goreng? Sama saja efeknya! Makanan yang mengandung karbohidrat juga bisa dikategorikan sebagai gula. Selain berpotensi menyebabkan diabetes, konsumsi gula berlebih juga bisa menyebabkan kegemukan lho! Berikut 5 cara mudah untuk mengurangi rasa ketagihan Anda terhadap gula!

1. Latih indra perasa Anda agar tidak menginginkan yang manis manis.Tahukah Anda, ternyata indra perasa kita bisa dilatih agar tidak selalu menginginkan makanan manis lho. Mulailah sedikit sedikit namun dengan teratur ya, misalnya dengan tidak makan pencuci mulut sehabis makan – ganti dengan minum air putih, lalu kurangi penambahan gula, susu, atau krimer pada kopi/teh Anda. Lama kelamaan, indra perasa Anda akan terbiasa dan tidak menginginkan gula berlebih lagi.

2. Pilihlah gula yang natural.
Menghindari gula bukan berarti Anda sama sekali tidak bisa makan yang manis manis! Pilihlah makanan yang sudah manis secara alami, seperti buah-buahan, misalnya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi susu dan yoghurt yang rendah gula dan lemak.

3. Biarkan protein membantu Anda!
Protein merupakan salah satu cara yang bisa menekan rasa ketagihan Anda terhadap gula. Makanan dengan protein tinggi akan dicerna lebih lama, sehingga membuat Anda merasa kenyang juga lebih lama.

4. Perbanyak konsumsi serat.
Mirip dengan protein, serat juga membantu kita untuk kenyang lebih lama. Selain itu, makanan tinggi serat juga memberikan energi yang lebih banyak, dan tidak menaikkan gula darah. Pilihlah buah dan sayur, atau coba oleskan selai kacang pada buah apel favorit Anda! 

5. Olahraga yuk!
Olahraga bisa membantu kita menghilangkan rasa ketagihan terhadap gula, bahkan mengubah pola makan kita secara keseluruhan. Dengan berolahraga, kita akan merasa lebih baik dan secara otomatis akan lebih menginginkan makanan yang sehat. Yang sudah menjalaninya, setuju kan? (red)