Tips & Tricks

Seiring pertambahan usia, organ-organ tubuh ikut menua, termasuk otak. Memiliki kemampuan otak yang terus terjaga walau usia terus bertambah, sebenarnya bukan hal yang mustahil.
Posted on Nov 13, 2021   |   Branding
Agar Otak Tak Cepat Menua

Seiring pertambahan usia, organ-organ tubuh ikut menua, termasuk otak. Memiliki kemampuan otak yang terus terjaga walau usia terus bertambah, sebenarnya bukan hal yang mustahil. Beberapa hal beikut bisa dilakukan agar otak tak cepat menua.

Istirahat Cukup
Tidur teratur dan berkualitas akan membuat otak bekerja lebih baik. Tidur juga dapat memperbaiki mood, menjernihkan pikiran dan memperbaiki tubuh. Bila anda mengalami susah tidur, ikuti tips ini. Di pagi hari paparkan tubuh dengan cahaya matahari kurang lebih 1 jam. Malam hari, kurangi cahaya dari lampu kamar atau dimatikan. Kondisi ini dapat membuat jam biologis tubuh tidak terganggu. 

Rasa Ingin Tahu yang besar
Saat kita terbuka pada ide atau situasi yang baru, otak akan tertantang. Solusi kreatif dari tantangan itu akan mengaktifkan pusat kesenangan di otak dengan zat Dopamin( Senyawa kimiawi di otak yang berperan menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh). Hal ini juga akan membuat kita lebih fleksibel dan adaptif. 

Hubungan Sosial Yang Baik
Memiliki hubungan sosial yang hangat dengan orang di sekitar, turut memberi manfaat positif bagi otak. Ini akan melindungi otak dari stress kronis akibat kesepian dan tidak dipahami. (red)