Baby & Kids

Sesuai rekomendasi WHO, ASI adalah nutrisi terbaik untuk anak meski sekarang ia memasuki usia setahun lebih. Menyusui lebih dari 6 bulan selain memberikan keuntungan untuk Si Kecil,
Posted on Oct 12, 2021   |   Branding
Manfaat Menyusui Lebih dari 6 Bulan

Sesuai rekomendasi WHO, ASI adalah nutrisi  terbaik untuk anak meski sekarang ia memasuki usia setahun lebih. Menyusui lebih dari 6 bulan selain memberikan keuntungan untuk Si Kecil, juga memberikan dampak positif bagi kesehatan ibu. Apa saja manfaatnya?

Untuk anak:

- ASI melindungi anak dari kelebihan berat badan dan obesitas pada masa kanak-kanak. 

- ASI melindungi anak dari alergi.

- Menyusui juga memberikan imun (kekebalan tubuh) pada bayi di tahun pertama dan kedua. Pada usia setahun, sistem kekebalan tubuh anak hanya berfungsi 60 persen saja. Sistem kekebalan tubuh anak  baru berfungsi 100 persen seperti orang dewasa saat mereka berusia 6 tahun. 

- Mengecilkan risiko sakit pada anak. Sebuah penelitian menyebutkan anak-anak yang disusui di  atas usia 16 bulan lebih jarang sakit ketimbang anak-anak yang tidak disusui langsung. 

- Sebuah studi menunjukkan menyusui hingga 12 bulan dapat melindungi anak dari penyakit menular, terutama infeksi saluran pencernaan dan pernapasan.

Untuk ibu:

- Menyusui dalam jangka waktu yang lama menurunkan risiko kanker payudara,  kanker ovarium, diabetes 2 dan depresi pasca persalinan. 

- Membakar kalori lebih banyak.

- Terhindar dari osteoporosis.

- Pada ibu menyusui yang terkena diabetes pun, menyusui lebih lama bisa mengurangi kebutuhan insulin tubuh. (red)