Health

Berbeda dari bayi yang lahir normal, bayi prematur lebih sering mengalami gangguan kesehatan.
Posted on Oct 08, 2021   |   Branding
Bayi Prematur Lebih Sulit Bernapas?

Berbeda dari bayi yang lahir normal (lahir tepat waktu), bayi prematur lebih sering mengalami gangguan kesehatan. Salah satunya, sulit bernapas. 

Berdasarkan penelitian di University of Illinois di Chicago, terbukti bahwa bayi yang lahir setelah 34 minggu kehamilan ternyata berisiko mengalami peningkatan gangguan pernapasan sebanyak 40 kali. 

Sementara bayi yang lahir dalam 37 minggu kehamilan, mengalami resiko gangguan pernapasan 3 kali lebih besar dibanding bayi yang lahir setelah kehamilan 39-40 minggu. 

Bagaimana dengan bayi yang lahir setelah 38 minggu? Penelitian ini tidak menemukan peningkatan resiko apapun dibanding bayi yang lahir dari kehamilan 38 atau 40 minggu. 

Data penelitian ini sendiri diperoleh dari rekam medis elektronik dari 233.844 kelahiran di 19 rumah sakit di seluruh Amerika Serikat pada tahun 2002 hingga 2008. 

Bagi Anda yang melahirkan bayi prematur, ada baiknya untuk bersikap waspada – karena sulit bernapas bisa menyebabkan masalah lain, misalnya sulit menaikkan berat badan bayi dan membuat bayi semakin lama berada di rumah sakit. (red)