Health

Apakah Anda sedang ingin menurunkan berat badan? Baca tips berikut agar berhasil dengan baik.
Posted on Oct 06, 2021   |   Branding
Olahraga Saat Perut Kosong Lebih Efektif

Apakah Anda sedang ingin menurunkan berat badan? Sudah sibuk berolahraga namun berat badan tak kunjung berkurang? Penelitian terbaru menunjukkan bahwa latihan ringan sebaiknya dilakukan sebelum sarapan atau saat perut kosong, karena bisa membakar lebih banyak lemak. 

Penelitian melibatkan wanita aktif dan sehat berusia 28 tahun. Para partisipan memiliki diet sehari-hari yang buruk (terdiri dari 50% lemak dan kalori 30% lebih banyak). Sebagian peserta tidak berolahraga selama penelitian. Sebagian lainnya berolahraga 4 kali seminggu di pagi hari (berjalan dan bersepeda). 

Salah satu kelompok mengonsumsi makanan kaya karbohidrat saat sarapan sebelum berolahraga dan terus mendapat asupan karbohidrat. Kelompok kedua berolahraga tanpa sarapan terlebih dahulu dan hanya minum air putih selama olahraga. Penelitian berlangsung selama 6 pekan. Kelompok yang tidak berolahraga rata-rata mengalami peningkatan berat badan lebih dari 6 kg dan juga mengembangkan resistensi insulin. 

"Hasilnya, olahraga dalam keadaan belum makan ternyata lebih efektif daripada olahraga setelah mengonsumsi karbohidrat. Olahraga pagi tanpa sarapan juga membantu peserta penelitian terhindar dari kenaikan berat badan," ungkap pemimpin penelitian tersebut, Peter Hespel, profesor dari Research Center for Exercise and Health di Catholic University Leuven. Nah bagaimana? Siap berolahraga hari ini? (red)