Health

Apa yang harus dilakukan ketika Si Kecil mengalami muntah-muntah?
Posted on Sep 27, 2021   |   Branding
Obat untuk Mual dan Muntah Untuk Si kecil

Mual dan muntah sering dialami anak-anak dan umumnya kondisi ini tidak berbahaya dan bisa pulih dengan cepat. Penyebabnya adalah virus perut dan terkadang keracunan makanan. Periksa anak ke dokter jika ia berusia kurang dari 12 minggu dan terlihat sakit.

Tanda Dehidrasi

Anak yang muntah-muntah bisa mengalami dehidrasi. Hal inilah yang harus Anda perhatikan betul-betul. Sebab, anak-anak mengalami dehidrasi lebih cepat dibandingkan orang dewasa. 

Perhatikan Si Kecil, apakah ia terlihat lelah atau rewel, mulut kering, mengeluarkan sedikit air mata saat menangis, kulit terasa dingin, mata tampak cekung, tidak buang air kecil sesering biasanya, atau warna urinnya kuning gelap.

Untuk mencegah dan meredakan dehidrasi, beri anak Anda minum air putih atau cairan elektrolit. Bahkan meskipun muntah terus, anak masih bisa menyerap sebagian cairan yang Anda berikan. 

Setelah anak muntah, suapkan sejumlah kecil cairan, beberapa sendok  makan setiap beberapa menit. Selain air putih dan minuman elektrolit, minuman seperti jus apel dan jus cranberry juga bisa membantu.

Pengobatan

Muntah pada anak biasanya bisa reda dengan cepat. Yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menunggu. Pemberian obat-obatan untuk muntah tidak dianjurkan  untuk anak-anak. Jika virus yang menjadi penyebabnya maka obat tidak akan berguna. Kuncinya adalah pemberian cairan.

Pengobatan rumahan bisa Anda coba untuk meredakan muntah. Jahe telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati mual dan sakit perut. Para peneliti meyakini bahan kimia yang terkandung dalam jahe sangat efektif untuk mengobati masalah pencernaan dan menyembuhkan mual. 

Selain menggunakan jahe, Anda juga bisa mencoba teknik akupresur. Caranya dengan menekan ibu jari di telapak tangan, tepatnya tiga jari di bawah pergelangan. Tekan dengan lembut dan dalam  pergelangan tangan anak selama kurang lebih 5 menit. Lakukan secara bergantian antara telapak tangan kanan dan kiri.

Kapan harus menghubungi dokter?

Sudah waktunya anak mendapat penanganan medis jika ia:

- Berusia di bawah 12 minggu dan muntah lebih dari sekali.

- Menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, atau Anda mencurigai ia keracunan makanan.

- Terlihat bingung, demam tinggi, sakit kepala, terdapat ruam, leher kaku, atau sakit perut.

- Terdapat darah atau cairan empedu pada muntahnya.

- Sulit bangun, terlihat sakit, telah muntah selama lebih dari 8 jam.

Demikian tanda-tanda yang mungkin menjadi kondisi serius, dan Si Kecil harus segera di bawa ke dokter. (red)