Health

Kadang kita melakukan beberapa kebiasaan sederhana yang dianggap sepele, tanpa menyadari efek buruk yang bisa timbul kemudian.
Posted on Sep 10, 2021   |   Branding
Kebiasaan Sepele Yang Memicu Sakit Jantung

Kadang kita melakukan beberapa kebiasaan sederhana yang dianggap sepele, tanpa menyadari efek buruk yang bisa timbul kemudian. Waspadalah, karena kebiasaan-kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung:

1. Terlalu lama duduk. Duduk berjam-jam sering dilakukan para pekerja kantor. Kegiatan ini membuat lemak dan gula dalam darah tak terbuang sempurna. Coba selingi dengan berjalan-jalan di lingkungan kantor untuk mendapatkan udara segar. 

2. Menahan emosi. Perasaan frustrasi, mudah marah dan depresi yang tak ditangani, memberi stres pada jantung. Solusinya, seringlah tertawa dan mencari dukungan moral saat stres.

3. Mendengkur. Dengkuran saat tidur bisa jadi pertanda adanya gangguan pada kesehatan jantung yang biasa disebut sleep apnea. Pernapasan yang terganggu saat tidur bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga risiko menderita penyakit jantung semakin besar. 

4. Malas berolahraga. Berolahraga secara rutin terbukti memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.

5. Makan berlebihan. Makan dalam porsi terlalu besar, ditambah konsumsi minuman dengan kadar gula tinggi bisa menyebabkan obesitas dan penyakit jantung. Batasi porsi makanan dan hindari minuman manis, serta karbohidrat. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, kacang-kacangan, serta susu rendah lemak.  

6. Merokok. Bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan plak dalam arteri, yang lama kelamaan akan menghambat kerja jantung. Tinggal atau sering berada di sekitar perokok juga memiliki risiko sama besarnya dengan perokok aktif. – red