Maternity

Pemberian ASI dianjurkan.hingga anak berusia 2 tahun. Bagaimana caranya agar lancar menyusui anak?
Posted on Sep 04, 2021   |   Branding
Mempertahankan Kegiatan Menyusui

Begitu banyak manfaat menyusui membuat ibu dianjurkan untuk menyusui anak  selama 6 (eksklusif) hingga usia 2 tahun. Tapi, banyak ibu yang tidak berhasil memberikan ASI hingga batas yang dianjurkan. 

Berikut cara agar bisa terus bertahan menyusui anak hingga jangka waktu yang diinginkan: 

# Cobalah memahami nilai-nilai yang mendasari keputusan  Anda untuk menyusui. Apakah karena manfaat kesehatan untuk Si Kecil, atau manfaat kesehatan untuk Anda? Atau Anda menginginkan waktu bersama anak untuk menciptakan ikatan khusus?  Dengan memahami nilai-nilai tersebut Anda akan tergugah semangatnya dan memberikan kekuatan untuk melewati masa-masa sulit menyusui.

# Lengkapi diri dengan informasi yang akurat tentang menyusui. Banyak ibu berhenti menyusui karena alasan ASI tidak cukup. Yakinlah bahwa Tuhan menciptakan tubuh seorang ibu untuk mampu memproduksi ASI sesuai kebutuhan bayinya. Pelajari teknik menyusui dengan benar, cara meningkatkan pasokan ASI, dan sebagainya. 

# Temukan cara untuk menikmati kegiatan menyusui. Lakukan hal-hal yang membuat Anda merasa nyaman dan rileks, seperti bersenandung, sambil membaca buku atau majalah, browsing internet, sambil menonton tv favorit, dan sebagainya.

# Mencari dukungan emosional. Saat sedang tertekan karena masalah menyusui, mintalah dukungan orang terdekat Anda, seperti suami dan keluarga lainnya. Cara sederhana memberi dukungan misalnya menemani Anda melakukan konsultasi laktasi. Cara sederhana lainnya seperti memijat ketika Anda sedang menyusui atau memberikan kata-kata yang menggugah semangat Anda untuk terus memberikan ASI pada Si Kecil. (red)