Maternity

Ada jenis makanan yang harus dibatasi oleh ibu hamil. Salah satunya gula. Ini sebabnya!
Posted on Aug 28, 2021   |   Branding
Konsumsi Gula Bikin Ibu Hamil Gampang Lelah

Ibu hamil wajib mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi. Sebab, ada jenis makanan yang harus dikurangi atau dibatasi oleh ibu hamil. Makanan manis, misalnya. Tak banyak yang mengetahui bahwa konsumsi makanan manis yang berlebihan saat hamil ternyata bisa menjadi kontra produktif baik bagi ibu hamil maupun janin yang ada di dalam kandungannya. 

Berikut dampak negatif konsumsi gula yang berlebihan saat hamil:

1. Memperparah gejala kehamilan

Ibu hamil wajar bila sesekali mengalami mual, muntah, heartburn dan suasana hati yang berubah-ubah. Jika Anda mengonsumsi makanan manis dengan berlebihan, maka gejala-gejala tersebut akan semakin parah. 

2. Kekurangan gizi

Ibu hamil yang mengonsumsi makanan manis secara berlebihan akan membuat asupan gizi menjadi berkurang dan akan berdampak negatif pada tumbuh kembang janin. 

3. Mudah lelah

Lumrah jika ibu hamil mudah merasa lelah dan tidak berenergi. Mengonsumsi makanan dan minuman manis hanya akan memperparah kondisi ibu. Makanan manis umumnya mengandung sukrosa, yang menyebabkan glukosa darah meningkat sehingga tubuh menjadi mudah capek dan lelah.

4. Meningkatkan risiko diabetes pada bayi 

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang gemar menyantap makanan manis saat hamil, memiliki anak yang juga menggemari gula. Dampaknya anak bisa terkena diabetes dan risiko penyakit lainnya saat ia besar nanti.

5. Berat badan naik

Kebanyakan menyantap makanan manis menyebabkan berat badan naik tak terkendali. Memang, wajar jika ibu hamil naik bobot tubuhnya selama kehamilan, Namun jika terlalu banyak mengonsumsi makanan manis selama hamil, maka berat badan yang naik bisa makin tak terkendali. Bahkan setelah melahirkan pun akan kesulitan menurunkan berat badan. 

Penting bagi ibu hamil untuk mengurangi konsumsi gula. Saat hasrat ingin mengonsumsi makanan manis melanda, lebih baik ibu menyantap buah-buahan manis seperti mangga, stroberi, pisang dan sebagainya. Selain mengandung gula alami, buah-buahan juga menyediakan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi ibu dan janin. Jangan lupa untuk menghindari pemanis buatan. Mengganti gula dengan madu dan gula kelapa adalah alternatif yang sehat. (red)