Maternity

Banyak ibu yang bertanya, 'Kapan waktu yang tepat memberikan bayi makanan pendamping ASI (MPASI)?'
Posted on Jul 22, 2021   |   Branding
Waktu yang tepat Untuk MPASI

Banyak ibu yang bertanya, 'Kapan waktu yang tepat memberikan bayi makanan pendamping ASI (MPASI)?' Beberapa anjuran mengatakan waktu yang tepat adalah ketika bayi berusia 6 bulan. Namun ada pula anjuran dari mertua atau ibu, agar bayi diberikan MPASI pada usia 4 bulan. Mana yang benar?

Waktu yang paling tepat memberikan bayi makanan padat pertama adalah ketika bayi berusia 6 bulan. Karena ada beberapa akibat jika memberikan makanan tambahan pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan atau masih dalam masa pemberian ASI eksklusif, seperti:

Konsumsi ASI bayi menurun, dan produksi ASI Anda berkurang.
Bayi kekurangan asupan zat pelindung untuk memperkuat sistem imun dari ASI, sehingga bayi lebih rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Bayi juga akan berisiko lebih besar terserang diare.Selain itu lambung bayi akan dipenuhi makanan tambahan yang memiliki kandungan zat gizi jauh lebih rendah daripada ASI.

Untuk kesempatan pertama kali, Ibu bisa memberikan bayi kita buah-buahan. Bentuk MPASI ini adalah cairan kental yang tentunya bergizi karena dari buah asli. Ibu bisa mencoba Jus Tomat Jeruk, Wortel Segar, Semangka, dan sebagainya. Selain itu ibu juga bisa memberikan nasi tim atau bahan makanan lain yang dikukus atau ditim.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, ibu harus memberi MPASI secara bertahap. Kekentalan dan kepadatan makanan bisa ditingkatkan sesuai usia dan perkembangan pencernaan si kecil. (Red)