Maternity

Sebagian wanita hamil mungkin tidak mau berolahraga karena takut kelelahan atau khawatir olahraga dapat membahayakan janin.
Posted on Jul 20, 2021   |   Branding
Manfaat olahraga yang luar biasa bagi ibu hamil

Sebagian wanita hamil mungkin tidak mau berolahraga karena takut kelelahan atau khawatir olahraga dapat membahayakan janin. Namun sebenarnya olahraga untuk ibu hamil dapat bermanfaat, mulai dari meringankan rasa sakit, meningkatkan kebugaran, hingga membantu kelancaran proses melahirkan. 

Berikut manfaat berolahraga saat hamil: 

Mengurangi rasa tidak nyaman saat kehamilan...

Secara umum, olahraga teratur akan meregangkan dan memperkuat otot-otot anda yang akan membuat tubuh menjadi lebih toleran terhadap rasa sakit selama kehamilan. Peregangan akan mengurangi rasa sakit di punggung, olahraga berjalan akan meningkatkan sirkulasi, dan berenang akan memperkuat otot abdomen.

Membantu mempersiapkan Proses Persalinan...
Semakin bagus kondisi anda maka akan semakin kuat pada saat proses kelahiran nanti. Proses kelahiran itu mirip dengan lari maraton yang membutuhkan stamina, determinasi, dan juga fokus. Hal ini sudah menjadi bahan penelitian, berlatih untuk proses kelahiran melalui olahraga teratur akan mempermudah usaha anda dan bisa juga memperpendek rentang waktu yang dibutuhkan untuk melahirkan bayi anda.

Membantu tubuh anda kembali ke bentuk aslinya setelah melahirkan secara lebih cepat...
Hal ini sebenarnya sudah cukup memotivasi banyak wanita untuk melakukan program olahraga kehamilan secara teratur. Ketika anda berusaha menjaga kekuatan dan bentuk otot anda selama masa kehamilan, tubuh anda akan lebih mudah kembali ke bentuk aslinya setelah anda melahirkan. Anda juga akan bisa mengurangi berat badan anda jika anda melakukan olahraga selama masa kehamilan.

Namun tentunya, sebelum melakukan olahraga, konsultasikan dulu dengan dokter atau bidan anda mengenai kondisi anda dan jenis olahraga yang sebaiknya anda lakukan. Ya tentunya bukanlah olahraga yang berat ya. Hal ini guna menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan akibat kegiatan olahraga yang anda lakukan.

Yang Harus dihindari

Perlu diperhatikan dan dihindari adalah olahraga jangan dilakukan khususnya ibu hamil dengan kondisi tertentu seperti: 

-Hamil kembar atau beresiko menjalani persalinan prematur.

-Pernah Memiliki riwayat keguguran.

-Pernah mengalami pendarahan dari vagina saat hamil.

- Plasenta Previa (plasenta menutupi jalan lahir) setelah minggu ke-26 kehamilan.
- Preeklamsia (peningkatan tekanan darah)
- Memiliki penyakit tertentu, seperti anemia berat, penyakit paru-paru, atau gangguan jantung.
- Mengalami ketuban pecah dini. (red)