Baby & Kids

Menginjak usia 1 tahun, memang seharusnya balita mulai diajarkan lepas dari dot dan beralih ke gelas.
Posted on Jul 16, 2021   |   Branding
Cara Melatih Balita Minum Dari Gelas

Menginjak usia 1 tahun, memang seharusnya balita mulai diajarkan lepas dari dot dan beralih ke gelas. Namun seringkali orang tua tidak tega melihat anak menangis meminta dotnya. Berikut tips balita belajar minum dari gelas.

Untuk mau minum dan akrab dengan gelas perlu melalui beberapa tahap pendekatan terlebih dahulu. Berikut tips melatih balita usia 1-2 tahun pindah dari dot ke gelas:

Tentukan waktu yang tepat. Waktu yang tepat adalah ketika balita merasa nyaman dan sehat secara fisik.

Bentuk tim pendukung untuk kompak melarang balita menggunakan lagi dotnya. Beritahukan kepada nenek/kakek untuk ikut mendukung balita pindah ke gelas.

Kondisikan perubahan dengan mulus. Hindari langsung merebut botol dot dan batasi pemakaian dot sebagai awal proses pindah dan sebagai gantinya alihkan sedikit demi sedikit ke gelas.

Berikan pilihan gelas yang lucu untuk menarik perhatian balita. Namun, jangan lupa pula memilih gelas yang tepat dan sesuai untuk anak, baik ukuran maupun berat. Untuk tahap awal, gelas dengan dua pegangan dan bagian dasarnya lebih berat cocok untuk digunakan.

Beri contoh memegang gelas yang benar, dan biarkan balita mengikuti Anda. Atau Anda juga bisa menceritakan contoh anak pintar yang mau minum dari gelas.

Biasakan minum dari gelas sendiri. Jangan karena Anda malas membantu memegangi gelasnya, lantas Anda kembali menyodorinya botol.

Beri pujian saat anak mulai menunjukkan usaha minum dari gelas dan menjauhi botolnya, meski caranya minum membuat baju dan lantai basah. Pujian Anda membuat anak merasa dihargai usahanya sehingga ia terpacu mengulangi kembali perilaku baik itu.

Dalam mengajarkan balita pindah dari dot ke gelas memang membutuhkan waktu dan tenaga. Orang tua dan orang-orang di sekitarnya harus teguh dan konsisten dalam melatih perpindahan ini. (red)