Health

Banyak manfaat yang didapat dari jeruk sehingga Anda wajib memasukkannya dalam menu sehari-hari.
Posted on Jul 05, 2021   |   Branding
Khasiat Jeruk bagi Kesehatan

Banyak manfaat yang didapat dari jeruk sehingga Anda wajib memasukkannya dalam menu sehari-hari.

Jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali dan limau tidak hanya menyegarkan, namun juga sangat bergizi. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C lebih dari 100 persen dosis harian yang direkomendasikan. 

Inilah alasan mengapa harus mengonsumsi buah jeruk setiap hari: 

1. Meringankan flu

Mengonsumsi jeruk dan vitamin C memang tidak akan  mencegah pilek, namun vitamin C dosis tinggi (400 – 500 mg) dapat mempersingkat durasi dan mengurangi gejalanya. 

2. Melindungi jantung

Jeruk kaya merupakan sumber flavonoid. Flavonoid yang dominan dalam buah jeruk, yakni hesperidin bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

3. Membantu menurunkan berat badan

Mengandung serat dan cairan alami, jeruk akan membantu Anda tetap kenyang, khususnya jeruk bali. Menurut penelitian, jeruk bali kaya akan kandungan nutrisi dan enzim yang membantu membakar lemak tubuh.

4. Mengurangi sodium

Baik jeruk dan garam mampu meningkatkan rasa. Jadi, kurangi  garam dan tambahkan jus jeruk sebagai penggantinya agar makanan yang Anda konsumsi rendah sodium.

5. Mencegah kanker

Limonoid, yakni antioksidan khusus yang terkandung dalam jeruk dapat membantu mencegah kanker kolon, paru-paru, payudara, kulit  dan perut. (red)