Maternity

Menurut penelitian anak-anak yang mendapat air susu ibu lebih dari enam bulan ternyata memiliki perkembangan motorik, bahasa dan kognitif yang baik.
Posted on Jun 12, 2021   |   Branding
ASI Bisa Tingkatkan Kemampuan Motorik dan Bahasa Anak

Menurut penelitian yang dilakukan peneliti dari University Of Crete, Heraklion, Yunani, anak-anak yang mendapatkan ASI lebih dari enam bulan ternyata mempunyai angka tertinggi dalam tes perkembangan motorik, bahasa dan kognitif. Riset sebelumnya juga telah menghubungkan antara menyusui ASI dengan kemampuan berpikir dan daya ingat yang lebih baik. 

Dalam penelitian mereka menemukan kalau ketiga faktor motorik, bahasa dan motorik ini mempunyai hubungan yang kuat. Namun dalam hal ini belum jelas hubungan antara kemampuan berbahasa dengan pergerakan dan koordinasi. Tapi patut dicatat bahwa ini tidak menunjukkan bahwa menyusui ASI bertanggung jawab pada kemampuan perkembangan yang lebih baik. 

Untuk penelitian ini, Dr. Leda Chatzi dari Division Of Social Medicine, University of Crete beserta rekan menggunakan data dari studi jangka panjang atas 540 ibu dan anak-anak mereka. Saat bayi berusia sembilan bulan, para ilmuwan menanyai para ibu tersebut mengenai waktu memulai menyusui dan lamanya menyusui. Selanjutnya, data itu diperbarui lagi saat anak-anak mereka berusia 18 bulan. Para psikolog juga mengetes kemampuan kognitif anak-anak, kemampuan berbahasa dan perkembangan motorik saat anak-anak itu berusia 18 bulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 89 persen bayi pernah disusui. Dari jumlah tersebut, 13 persen disusui kurang dari satu bulan, 52 persen disusui antara satu hingga enam bulan dan 35 persen disusui lebih dari enam bulan. Anak-anak yang disusui itu ternyata mempunyai skor kognitif, komunikatif reseptif dan motorik yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang tidak disusui. Selain itu, skor kognitif, reseptif dan komunikasi ekspresif serta perkembangan motorik pada anak-anak yang disusui lebih dari enam bulan, kata para ilmuwan, mencatat angka tertinggi. (red)