Health

Salah satu masalah umum penyebab infertilitas adalah jumlah sperma yang rendah.
Posted on May 26, 2021   |   Branding
10 Makanan untuk Meningkatkan Jumlah & Kualitas Sperma

Mendapatkan kehamilan tidak selalu mudah bagi sebagain orang. Salah satu masalah umum penyebabnya adalah jumlah sperma yang rendah. Menurut laman modernmom.com, ada sejumlah makanan yang tidak hanya lezat, namun juga baik untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Bahkan beberapa makanan ini juga bersifat afrodisiak. Jadi, tunggu apalagi, segera siapkan makanan seksi ini untuk suami tercinta. 

1. Asparagus

Sayuran ini memiliki kekuatan yang fantastis terhadap sperma. Kandungan vitamin C yang tinggi mencegah sperma dari oksidasi dan melindungi sel-sel testis. Selain itu vitamin C  menurunkan radikal bebas sehingga tubuh pria dapat fokus memproduksi sperma, dan bukan melawan penyakit.

2. Pisang

Pisang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sperma. Pisang mengandung enzim langka yang disebut Bromelain, yang telah terbukti dapat mengatur hormon seks. Pisang juga mengandung vitamin B1, vitamin A, dan vitamin C yang akan membantu meningkatkan stamina dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat sperma.

3. Bawang Putih

Bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah. Alicin yang terkandung dalam bawang putih, membantu menjaga plak agar tidak menumpuk dan mengendap dalam aliran darah. Bawang putih juga meningkatkan aliran darah ke organ intim serta meningkatkan kekuatan dan daya tahan sperma. Selain itu bawang putih mengandung mengandung selenium dan vitamin B6 untuk mencegah kerusakan sperma dan mengatur hormon.

4. Alpukat

Alpukat termasuk makanan afrodisiak. Mengandung vitamin E, vitamin B6, dan asam folat, alpukat meningkatkan motilitas sperma dan memberikan kekuatan untuk menembus telur.

5. Dark Chocolate

Dark chocolate bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sperma dan volume semen sehingga tidak encer. Pria yang mengonsumi dark chocolate setiap hari akan mengalami orgasme yang lebih intens,

6. Daging merah

Daging sapi tanpa lemak mengandung seng yang tinggi. Seng mempunyai sifat pelindung yang menjaga motilitas sperma dari radikal bebas. Seng juga mampu mencegah testosteron terkonversi menjadi estrogen, yang merupakan penyebab rendahnya dorongan seks.

7. Delima

Makanan super ini mampu menurunkan zat  kimia dalam darah yang disebut malondialidehyde. Zat kimia tersebut bisa menghancurkan sperma. Delima mampu memusnahkan radikal bebas dan melindungi sperma.

8. Ginseng

Ginseng meningkatkan libido, kinerja seksual, dan melancarkan aliran darah ke testis. 

9. Tiram

Tiram kaya akan seng. Mengonsumsi tiram dapat meningkatkan produksi sperma dan membantu memperbaiki sperma rusak.

10. Kenari

Mengandung arganine, yang membantu testis untuk meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan volume air mani. Kenari juga kaya Omega-3, yakni asam lemak yang bermanfaat meningkatkan aliran darah ke organ intim pria. (red)