Health

Cacar air, atau dalam bahasa medis disebut varicella, merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus Varicella Zooster Virus (VZV).
Posted on May 24, 2021   |   Branding
Sudah Kena Cacar Air, Tak Akan Kena Lagi?

Cacar air, atau dalam bahasa medis disebut varicella, merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus Varicella Zooster Virus (VZV). Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak di bawah usia 10 tahun. Namun pada beberapa kasus, penyakit ini juga menyerang orang dewasa. Penularan penyakit ini sangat cepat dan mudah melalui udara dan kontak langsung dengan penderita yang mengidap cacar air.

Menurut Dr. dr. Hindra Irawan Satari, SpA(K) MTroPaed, secara teori, setelah anak terkena infeksi virus cacar air, biasanya ia akan memiliki kekebalan alami seumur hidup. Namun tak menutup kemungkinan anak yang sudah pernah terkena cacar air kemudian terinfeksi lagi untuk kedua kalinya. Ini terjadi pada anak-anak yang mengalami kelainan pada sistem kekebalan tubuhnya. Bila buah hati Anda terkena cacar air, jaga selalu kebersihan kulitnya. Jaga agar pakaian tetap kering dan bersih. Potong kukunya untuk menghindari terjadinya cakaran pada kulit yang bisa menimbulkan infeksi sekunder. - red