Health

Dehidrasi kerap menghampiri selama berpuasa. Hindari dengan beberapa tips praktis berikut.
Posted on Apr 19, 2021   |   Branding
Jauhi Dehidrasi Selama Bulan Puasa

Puasa berarti menahan diri untuk tidak makan dan minum selama terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Bagi sebagian orang, hal ini cukup sulit dilakukan, terutama menahan minum. Bahkan tak jarang ada yang mengalami dehidrasi saat puasa. 

Jangan salah, hal ini bisa dihindari kok. Dengan beberapa tips praktis berikut, Anda bisa terhindar dari dehidrasi:

1. Perbanyak Minum Air Putih saat Sahur dan Berbuka

Lebih baik untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman selain air putih, terutama yang mengandung gula dan kafein (teh atau kopi), karena cairan yang berguna bagi tubuh lebih sedikit dibandingkan air putih.

2. Perhatikan Pakaian

Pilih pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan hindari warna gelap agar tidak mempercepat penyerapan panas yang bisa membuat tubuh mudah berkeringat dan kehilangan banyak cairan tubuh

3. Mandi dengan Air Dingin

Bagi yang hobi mandi dengan air panas, tahan dulu selama puasa ini. Mandi dengan air dingin bisa membantu menjaga kelembaban kulit dan menghindarkan dehidrasi. Tapi, ingat, terlalu sering mandi saat puasa, karena makruh dan bisa mengurangi pahala puasa kita.

4. Tetap Olahraga

Olahraga memang akan menguras cairan tubuh kita, namun di sisi lain juga berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat. Waktu yang tepat untuk berolahraga sebaiknya di pagi hari atau satu jam sebelum berbuka puasa. (red)