Baby & Kids

Beberapa waktu lalu ilmuwan di Finlandia menemukan fakta bahwa kepintaran anak-anak tidak terlepas dari makanan rutin yang dikonsumsinya.
Posted on Apr 14, 2021   |   Branding
Membuat Anak Pintar Dengan Buah dan Sayuran

Kabar baik buat para orangtua, karena beberapa waktu lalu ilmuwan di Finlandia menemukan fakta bahwa kepintaran anak-anak tidak terlepas dari makanan yang rutin dikonsumsi sehari-hari, yaitu buah-buahan dan sayuran. Penelitian yang dilakukan oleh University of Eastern Finland, mendapati anak-anak yang mengonsumsi buah, sayuran, ikan, dan gandum utuh dalam tiga tahun pertama sekolah punya kemampuan otak lebih baik. 

Penelitian ini melibatkan 161 anak Sekolah Dasar berusia enam hingga delapan dan duduk di kelas satu hingga tiga. Pengujian terhadap asupan responden menggunakan jurnal konsumsi harian dan atas kemampuan akademis mereka diuji melalui tes standar tertentu. Para peneliti menggunakan pola diet khusus yang mengikuti diet Laut Baltik. Pola diet ini sarat sayuran, buah, ikan, gandum  utuh, lemak tak jenuh, dan rendah konsumsi daging merah, produk bergula, serta lemak jenuh. Hasil penelitian menunjukkan anak-anak yang mengonsumsi lebih banyak sayuran, buah, gandum utuh, ikan, lemak tak jenuh, serta rendah konsumsi gula, menjadi kelompok terbaik dalam mengerjakan tes membaca. 

Penelitian ini menambah bukti bahwa pola asupan sehat sangat berpengaruh dalam mendukung proses pembelajaran dan performa akademik anak-anak. Menurut Eero Haapala dari University of Eastern Finland, “Pola konsumsi sehat pada anak-anak ini juga menunjukkan peningkatan terbaik dalam kemampuan membaca murid kelas satu sampai tiga. Hasil ini dibandingkan sepantar mereka yang memiliki pola asupan berkualitas rendah. Dengan memilih makanan sehat, akan sangat mungkin mendukung pola asupan sehat yang berujung pada kualitas kehidupan lebih baik.” (red)