Maternity

Jangan menyepelekan kegemukan, terutama pada pasangan yang tengah mendambakan kehadiran buah hati.
Posted on Apr 08, 2021   |   Branding
Kegemukan Buat Pasangan Suami Istri Sulit Mendapat Momongan?

Sebuah penelitian menyebut kalau pasangan yang kegendutan berpotensi 50 persen lebih lama untuk bisa hamil. Penelitian ini dilakukan oleh National Institutes of Health’s Eunice Kennedy Shriver, Amerika Serikat dimana menekankan pasangan yang kegemukan akan sulit untuk mendapatkan keturunan.

Responden dalam penelitian ini adalah bagian dari Longitudinal Investigation of Fertility and the Environment (LIFE) Study, yang meneliti hubungan antara kesuburan dan paparan bahan kimia lingkungan. Penelitian melibatkan 501 pasangan dari Michigan dan Texas dari tahun 2005 sampai 2009. Para responden wanita menyimpan catatan dari siklus menstruasi, hubungan seksual dan hasil tes kehamilan. Kemudian, kedua pasangan tersebut terus diikuti sampai kehamilan atau sampai satu tahun berusaha untuk hamil. Para peneliti membandingkan rata-rata waktu untuk mencapai kehamilan antara pasangan dalam kelompok non-obesitas dengan  pasangan dalam kelompok obesitas dengan berat masa tubuh 35 atau lebih besar. 

 "Banyak penelitian pada kesuburan dan komposisi tubuh telah difokuskan pada pasangan wanita, tapi temuan kami menggarisbawahi pentingnya kedua pasangan," salah satu peneliti. Untuk diketahui Penelitian ini juga menyebutkan bahwa spesialis kesuburan harus mulai mempertimbangkan hal ini. "Hasil riset kami juga menunjukkan bahwa spesialis kesuburan mungkin perlu mempertimbangkan komposisi tubuh pasangan ketika sesi konseling pasien," jelas mereka. 

Para peneliti kemudian menghitung kemungkinan bahwa pasangan akan mencapai kehamilan dengan menggunakan ukuran statistik, yang disebut Fecundability Odds Ratio (FOR). Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa pasangan obesitas mengambil 55 persen lebih lama untuk mencapai kehamilan daripada mereka yang memiliki berat badan normal. Temuan ini menunjukkan bahwa mengambil langkah-langkah untuk menurunkan berat badan dapat membantu mempercepat kehamilan.(red)

Instagram