Maternity

Ada sejumlah cara sederhana yang akan membantu bumil membangun ikatan dengan bayi yang ada dalam kandungan
Posted on Apr 07, 2021   |   Branding
Menjalin Hubungan dengan Bayi dalam Kandungan

Tahukah Anda, bahwa Anda dapat terhubung dengan bayi yang belum lahir? Ya, kehamilan tidak melulu tentang makanan sehat dan memastikan bayi dalam kandungan ibu sehat. Ikatan atau bonding yang Anda bagikan pada janin sepanjang periode kehamilan adalah hal yang membuatnya menjadi memorable. 

Berikut 5 cara sederhana yang akan membantu Anda membangun ikatan dengan bayi yang ada dalam kandungan: 

1. Bicara pada bayi

Mungkin terasa agak aneh ngobrol dengan perut Anda, namun hal itu bisa berhasil. Penelitian menunjukkan saat bayi berusia 23 minggu, ia bisa mendengar suara dari dalam dan luar rahim ibu. Berbicara pada bayi dapat membantunya mengenali suara Anda. 

2. Memijat perut

Memijat perut selama kehamilan, terutama selama tiga bulan pertama membantu memperkuat ikatan antara ibu dan bayi. Gunakana pelembab atau minyak untuk memijat perut yang bisa memberikan kenyamanan untuk Anda maupun bayi dalam kandungan. Memijat perut akan membantu ibu lebih rileks dan merasa positif tentang kehamilan.

3. Berlatih yoga hamil

Setelah usia kandungan 14 minggu, Anda bisa mendaftar di kelas yoga kehamilan. Berlatih yoga bisa membantu tubuh mempersiapkan kelahiran. Anda dapat mempelajari postur dan teknik bernapas yang mungkin bisa membantu selama persalinan. Terlebih lagi, yoga antenatal membantu pikiran menjadi santai dan postur yoga tertentu serta meditasi ternyata memperkuat komunikasi mental antara ibu dan anak.

4. Melakukan USG

Selain untuk mengetahui perkembangan bayi dalam kandungan, USG juga bisa memperkuat hubungan antara ibu dan bayinya. Melihat kehidupan mungil yang tumbuh perlahan di dalam diri Anda akan membuat Anda senang dan  hal tersebut akan merangsang hubungan yang baik antara ibu dan janin.

5. Merespon tendangannya

Merespon gerakan bayi, termasuk tendangannya dengan kata-kata dan senyuman sambil mengelus perut akan meningkatkan bonding antara ibu dan janin.

Menciptakan bonding dengan bayi dalam kandungan juga bisa membantu Anda menyingkirkan pregnancy blues. Ingatlah, bonding antara ibu dan anak adalah hal yang tak ternilai karena akan berlangsung seumur hidup. (red)