Health

Inilah buah yang kini menjadi unggulan rekomendasi untuk kesehatan bagi ibu dan seluruh keluarga.
Posted on Apr 06, 2021   |   Branding
Bebas Loyo Dengan Buah Kiwi

Inilah buah yang kini menjadi unggulan rekomendasi untuk kesehatan bagi ibu dan seluruh keluarga.

Buah Kiwi sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit. Inilah buah yang kini menjadi unggulan rekomendasi untuk kesehatan bagi ibu dan seluruh keluarga. 

Meski banyak berdiam di rumah, ibu yang merawat bayi rupanya memerlukan tenaga dan stamina prima. Apalagi bila tanpa bantuan orang lain harus mengurus rumah tangga. Mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C juga sangat direkomendasikan untuk mencegah radikal bebas, serta membentuk kolagen dan hormon yang baik bagi tubuh. 

Itu sebabnya kini buah Kiwi banyak direkomendasikan, apalagi karena kandungan Vitamin C buah kiwi tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan buah stroberi dan jeruk yang selama ini dikenal kaya Vitamin C. Buah Kiwi juga memiliki Indeks Glikemik rendah. Ahli gizi DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, Sp.GK (K) memaparkan, "Mengonsumsi buah kiwi bersamaan dengan asupan makan sehat, membantu mempertahankan kadar gula darah. Sehingga tubuh tidak mengalami lonjakan gula darah yang diikuti kondisi hipoglikemik, yang menyebabkan tubuh kehilangan energi lebih cepat."

Indeks Glikemik (IG) menurut dia, menunjukkan jumlah glukosa yang dilepaskan selama pencernaan karbohidrat ke dalam system aliran darah dalam jangka waktu dua jam setelah makan. “Makanan dengan IG tinggi akan dicerna dan diserap secara cepat dan menghasilkan peningkatan kadar glukosa plasma yang cepat, sedangkan karbohidrat yang sama dalam makanan dengan IG rendah lebih lamban dicerna dan diserap, sehingga peningkatan respon glukosa plasma terjadi secara bertahap.”

Selain itu, ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini juga mengutip studi bioavailabilitas yang dilakukan oleh dr. Anita Carr dan rekannya, bahwa mengonsumsi dua buah kiwi per hari dapat meningkatkan kehadiran vitamin C di dalam tubuh secara optimal dan mengurangi bad mood, kelelahan, depresi, serta memperbaiki mood. "Makan dua buah kiwi per hari dapat membantu menjaga gula darah kita. Sebaiknya kadar gula darah itu naik dan turunnya secara perlahan, tidak fluktuatif. Dengan gula darah yang sudah terkontrol baik, kita tidak akan mudah merasa lesu karena energinya terjaga," lanjutnya lagi. Gula darah yang terkontrol juga dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Seiring dengan akan hadirnya bulan puasa, buah kiwi juga bisa menjadi teman kala sahur maupun berbuka. Sebagai panduan, saat sahur Anda bisa mengkonsumsi buah Kiwi dengan kandungan serat tinggi agar dapat merasa kenyang lebih lama, sedangkan saat berbuka, konsumsilah buah Kiwi untuk meningkatkan vitalitas dan mengembalikan vitamin C 6 yang hilang setelah seharian berpuasa. (red)