Tips & Tricks

Buah durian dikonsumsi bukan hanya karena rasanya yang lezat, namun juga untuk manfaat kesehatan.
Posted on Apr 05, 2021   |   Branding
Durian Bisa Mengatasi Kemandulan?

Buah durian memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Salah satunya sebagai penyembuh kemandulan atau infertilitas. Di berbagai belahan dunia, buah durian dikonsumsi bukan  hanya karena rasanya yang lezat, namun juga untuk manfaat kesehatan, terutama bagi wanita. Berikut ini ulasan mengapa durian bisa membantu wanita yang ingin hamil: 

1. Mengandung estrogen. Menurut Dr. K. Francis dari Bharathiar University di India, durian mengandung hormon estrogen. Hormon ini diproduksi secara alam di dalam tubuh manusia, namun pada beberapa wanita, tidak mampu menghasilkan cukup  hormon estrogen sehingga menyebabkan kemandulan. Durian mengandung hormon estrogen yang tinggi sehingga dapat dapat membantu hamil secara alami.

2. Durian adalah afrodisiak yang manjur, dan jika dikonsumsi secara teratur, bisa meningkatkan dorongan dan fungsi seksual Anda. Buah ini  juga bisa mengurangi kemandulan pada pria dengan cara meningkatkan motilitas sperma (kemampuan sperma dalam bergerak dengan tepat menuju sel telur).

3. Mengobati Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Infertilitas akibat PCOS atau sindrom ovarium polikistik kini semakin meningkat jumlahnya. Resistensi insulin merupakan salah satu faktor utama penyebab PCOS, juga dapat menginduksi sindrom metabolik. Nah,  buah durian memiliki sifat anti-inflamasi, anti-obesitas dan anti-hiperglikemik yang dapat melawan sindrom metabolik secara efektif.

4. Memulihkan anemia. Adalah fakta bahwa anemia bisa menggagalkan kemungkinan hamil karena produksi sel darah merah berkurang. Durian mengandung asam folat, yakni komponen penting dalam produksi sel darah merah. Selain itu, durian juga mengandung tembaga dan besi, dua komponen penting lainnya dari sel darah merah. Begitu produksi sel darah merah kembali normal, gejala anemia hilang.

Selain untuk infertilitas manfaat lain durian adalah memberi daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang dan mengobati insomnia. 

Meski durian memiliki manfaat kesehatan, namun sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Batasi konsumsi menjadi dua atau tiga buah dalam seminggu, jika tidak bisa menimbulkan efek buruk. Konsumsi durian beserta alkohol bisa memicu efek samping seperti perut kembung dan kejang gastro. (red)