Maternity

Peristiwa gugurnya kehamilan seringkali tidak bisa dipastikan penyebabnya. Di masa datang, usaha untuk memprediksi risiko keguguran dan kelahiran prematur
Posted on Mar 18, 2021   |   Branding
Tes Darah Bisa Prediksi Keguguran?

Peristiwa gugurnya kehamilan seringkali tidak bisa dipastikan penyebabnya. Di masa datang, usaha untuk memprediksi risiko keguguran dan kelahiran prematur bisa dilakukan melalui tes darah pada 12 minggu pertama kehamilan. 

Penelitian terbaru ini dilakukan oleh tim dokter di Amerika Serikat, yang menemukan molekul terkait komplikasi kelahiran, beberapa bulan sebelum gejala-gejala dirasakan ibu hamil. Tes darah dilakukan untuk skrining molekul yang disebut RNA mikro. Molekul ini ditemukan pada sel darah di alas plasenta (placental bed) berupa selaput tebal yang melapisi rahim selama kehamilan. 

Tim periset dari Laboratorium Kedokteran Reproduksi dan Imunologi di San Fransisco, AS, menilai, sel RNA mikro bisa memprediksi kelahiran prematur, pre-eklamsia, dan keguguran pada 12 pekan pertama kehamilan. Tim periset telah meneliti 160 kelahiran, dengan akurasi tes untuk prediksi keguguran dan pre-eklamsia 90% dan lahir prematur sebelum usia kandungan 34 minggu sebesar 89%. Meski demikian, riset lanjutan masih perlu dilakukan. (red)