Tips & Tricks

Bayi menangis untuk mengekspresikan kebutuhannya dan merupakan tanda bahwa bayi Anda sehat.
Posted on Feb 28, 2021   |   Branding
Menangis Ternyata Baik untuk Si Kecil. Ini Alasannya!

Saat bayi menangis, Anda mungkin bertanya-tanya apa sih penyebabnya? Tak jarang Anda merasa terganggu dengan tangisannya karena mungkin khawatir dan sebagainya. Hal baik tentang bayi menangis adalah, bagaimana Si Kecil yang baru lahir mengekspresikan kebutuhannya, sementara ibu merespon tangisan tersebut. Hal ini akan membantu ikatan atau bonding antara bayi dan ibu. 

Selain itu, bayi menangis merupakan pertanda bahwa bayi sehat. Berikut alasang mengapa menangis baik untuk bayi Anda: 

1. Pentingnya tangisan pertama bayi

Ini adalah suara yang ibu nanti-nanti selama 9 bulan lebih untuk didengar. Tak hanya menandai kelahiran bayi, tangisan pertamanya juga merupakan tanda ia memasuki fase kehidupan baru. “Tangisan pertamanya membantu bayi bernapas dan membantu paru-paru terbuka untuk mendapatkan udara. 

2. Membantu dalam berkomunikasi

Tanpa adanya tangisan, Anda tidak akan pernah bisa mengetahui apa yang dibutuhkan Si Kecil. Bayi menangis bisa karena berbagai alasan dan dalam  berbagai nada. Setiap nada menunjukkan tingkat ketidaknyamanan atau perhatian yang dibutuhkan. Hal tersebut memang dipelajari oleh para ibu dari waktu ke waktu untuk membaca makna tangisan bayi mereka. Jadi saat bayi menangis ibu sudah tahu apakah bayi lapar, butuh digantikan popok, merasa panas atau kedinginan, butuh kenyamanan atau menangis untuk mendapatkan perhatian. Tangisan bayi akan memberitahu ibu supaya memeriksa kondisi atau kesejahteraan bayi. Jadi tangisan berfungsi sebagai media komunikasi atau sejenis bahasa untuk bayi. 

3. Membantu kesejahteraan psikologis

Saat Anda merawat atau menenangkan bayi, sampaikan pesan padanya bahwa ia tidak sendiri. Banyak saran untuk mengabaikan tangisan bayi guna mendisiplinkannya. Namun bayi yang baru lahir membutuhkan lebih banyak perhatian ketimbang disiplin di bulan-bulan awal kehidupan. Perhatian akan memberikan rasa aman dan nyaman pada Si Kecil. Anak yang tumbuh dalam cinta dan perawatan seperti itu akan tumbuh menjadi individu yang lebih baik. Bayi yang sering diabaikan akan menjadi pendiam dan ini akan menimbulkan masalah bagi kesehatan fisiologis bayi. 

4. Membantu meregangkan otot

Jika Anda melihat lebih dekat saat bayi menangis, Anda akan melihat otot-ototnya meregang dan itu merupakan latihan fisik tersendiri. Jadi jangan khawatir kalau Si Kecil menangis. Namun, harus diperhatikan juga apakah bayi Anda tersebut menangis karena kolik dan alasan medis lainnya. Karena tidak baik membiarkan bayi menangis dalam waktu lama.

5. Membantu mengurangi beban emosional

 Sama seperti orang dewasa yang menangis untuk mengurangi beban emosional, demikian pula bayi. Saat kebutuhannya tidak terpenuhi, maka hal yang bisa dilakukannya adalah menangis. Berikan ia perhatian lebih untuk menenangkannya. (red)